Show simple item record

dc.contributor.advisorSuratno
dc.contributor.advisorWahono, Bevo
dc.contributor.authorMAYANGSARI, PUTRI WIDYA
dc.date.accessioned2015-12-11T09:58:20Z
dc.date.available2015-12-11T09:58:20Z
dc.date.issued2015-12-11
dc.identifier.nim110210103040
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67363
dc.description.abstractKualitas pendidikan merupakan salah satu faktor yang menentukan kualitas sumber daya manusia dalam suatu bangsa. Penyelenggaraan pendidikan di Indonesia bertujuan untuk mencetak generasi bangsa yang berkualitas. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, diantaranya dengan perbaikan kurikulum. Pembaharuan yang sedang dilakukan oleh pemerintah saat ini yaitu dengan diberlakukannya kurikulum 2013 yang mengutamakan keterampilan proses dan pengembangan kemampuan berpikir siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir adalah strategi pembelajaran kooperatif. MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) merupakan salah satu strategi pembelajaran kooperatif psikologi kognitif yang menekankan pada kemampuan siswa dalam mengkonstruksi ulang informasi dan ide yang diterima, memahaminya serta dikomunikasikan secara lisan dan tulisan. Pada pembelajaran MURDER siswa dapat mengetahui kemampuan metakognisinya dengan memberikan pertanyaan untuk menggali pengetahuan awal serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dalam mengerjakan LDS pada tahap expand. Oleh karena itu dilakukan penelitian mengenai pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe murder yang dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Jember. Tujuan dari penelitian antara lain: (1) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran MURDER terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMAN 2 Jember; (2) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran MURDER terhadap metakognisi siswa kelas XI IPA SMAN 2 Jember, (3) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran MURDER terhadap pencapaian hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 2 Jember. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Jember pada kelas XI IPA 4 (kelas kontrol) dan kelas XI IPA 5 (kelas eksperimen) tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan teknik quasi eksperimen. Teknik pngumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan wawancara. Untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa data yang diperoleh dianalisis dengan Independent t-test dan kemampuan metakognisi serta hasil belajar kognitif siswa data yang diperoleh dianalisis dengan ANAKOVA dengan SPSS versi 17.0. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 15 Maret sampai dengan 28 Maret 2015. Data yang dikumpulkan yaitu penilaian aktivitas guru dan penilaian kognitif siswa berupa lembar observasi. Perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa memberikan pengaruh positif (p= 0,00) pada kelas eksperimen. Skor rerata kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol lebih rendah sebesar 8,75±2,19 jika dibandingkan dengan skor rerata kemampuan kelas eksperimen sebesar 9±2,08. Pengaruh strategi pembelajaran MURDER berbasis media interaktif Flash terhadap metakognisi siswa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 13,4±1,70 lebih tinggi dari kelas kontrol yang memiliki rata-rata 11,5±1,87 sehingga memberikan pengaruh positif (p= 0,00). Strategi pembelajaran MURDER berbasis media interaktif Flash memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa eksperimen dengan rata-rata 87,5±8,2 dan kelas kontrol 76,1±12,2. Lebih tingginya nilai siswa kelas eksperimen dipengaruhi oleh tertariknya siswa dengan strategi MURDER yang antusias dilaksanakan pada setiap tahapnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi pembelajaran MURDER berbasis media interaktif Flash berpengaruh secara signifikan trhadap kemampuan berpikir kritis, metakognisi dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMURDERen_US
dc.subjectMood, Understand, Recall, Digest, Expand, Reviewen_US
dc.subjectMEDIA INTERAKTIF FLASHen_US
dc.subjectMETAKOGNISIen_US
dc.titlePENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) BERBASIS MEDIA INTERAKTIF FLASH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, METAKOGNISI DAN PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA (Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Materi Sistem Ekskresi)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record