• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL ARIAS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Studi Komparatif Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Energi Pada Siswa Kelas I Semester II SMP Negeri 10 Jember Tahun Pelajaran 2003/2004)

    Thumbnail
    View/Open
    000210102186 Nurhalimatus Sa'diyah.pdf (19.18Mb)
    Date
    2015-12-11
    Author
    Sa'diyah, Nurhalimatus
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran ARIAS merupakan salah satu altematif yang dapat digunakan oleh guru sebagai dasar melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam usaha meningkatkan motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa. Model pembelajaran ARIAS berisi lima komponen yaitu assurance, relevance, mrerest. assessment dan satisfaction yang merupakan satu kesatuan yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) adalah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional 2) seberapa besar efektifitas relatif penggunaan model ARIAS dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan l) untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional 2) untuk mengetahui seberapa besar efektifitas relatif penggunaan model ARIAS dalarn pembelajaran fisika Adapun salah satu manfaat penelitian ini yaitu sebagai masukan tentang altematif penggunaan model pembelajaran. Tempat dan waktu penelitian ditentukan dengan metode purpossive samplmg area, desain penelitian menggunakan control pre - tes - post - test, responden penelitian ditentukan dengan metode cluster sampling. Pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, angket dan tes. Hasil tes dan angket dianalisa dengan uji statistik sedangkan basil dokumentasi dan observasi diinterpretasikan. Hasil uji t-tes sebesar 1,77 dan t-tabel sebesar 1,65 yang berarti ada perbedaan signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran ARIAS dengan hasil belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa efektifitas relatif penggunaan model ARIAS dalam pembelajaran fisika sebesar 8,47% dan termasuk dalam kriteria tidal< efektif
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67307
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository