dc.description.abstract | Berdasarkan hasil Praktek kerja Nyata mengenai Prosedur Akuntansi
Tabungan Britama pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Unit
Tegal Besar Cabang Jember, maka prosedur akuntansi tabungan Britama,
meliputi :
a. Pembukaan Rekening Tabungan Rekening
Dalam hal ini UPN melayani pembukaan rekening yang disertai
persyaratan yang ditentukan oleh pihak bank. Nasabah harus membawa foto
copi identitas (KTP / SIM / Paspor). Nsabah harus mengisi formulir yang
diserahkan oleh UPN, diantaranya formulir kartu Contoh Tanda Tangan
(KCTT), formulir CIF 01-A, formulir Permohonan Pembukaan Rekening
(APL-01) dan slip penyetoran. Apabila nasabah menginginkan kartu ATM,
maka bisa dibuat dan jadi pada saat itu juga.
Jurnal : Dr.Kas xxx
Cr.Rekening Britama xxx
b. Penyetoran Tunai Tabungan Britama
Nasabah melakukan penyetoran dengan mengisi slip penyetoran.
Kemudian menyerahkan kepda teller slip penyetoran, butb dan uang yang
akan disetorkan. Formulir slip penyetoran yang digunakan (Model OPS-02).
Jurnal : Dr.Kas xxx
Cr.Rekening Britama xxx
c. Penarikan Tunai Tabungan Britama
Nasabah melakukan penarikan dengan mengisi slip penarikan. Kemudian
menyerahkan kepada teller slip penyetoran dan butab. Formulir slip
penyetoran yang digunakan (Model OPS-01).
Jurnal : Dr.Rekening Britama xxx
Cr.Kas xxx
d. Transfer Antar Rekening BRI
Nasabah melakukan transfer antar rekening BRI dengan mengisi slip
penyetoran \. Kemudian menyerahkan kepada teller slip penyetoran dan uang
yang akan ditransfer. Slip penyetoran yang digunakan (model OPS-02)
Jurnal : Dr.Rekening Britama pengirim xxx
Cr.Rekening Britama Penerima xxx
e. Transfer Antar Rekening Bank Lain
Nasabah melakukan transfer antar rekening Bank lain dengan mengisislip
pengiriman. Kemudian menyerahkan kepada teller slip pengiriman dan uang
yang akan ditransfer.
Jurnal : Dr.Rekening BRI xxx
CR.Rekening Bank Lain xxx
f. Penutupan Tabungan Britama
Teller mematikan buku tabungan Britama dengan cara member tanda
sialng pada buku tabungan dan keterangan ditutup serta membubuhkan paraf
yang disertai dengan penyerahan uang sebesar sisa saldo setelah dikurangi
biaya administrasi penutupan rekening. Formulir yang digunakan adalah slip
penarikan dan formulir APL-01.
Jurnal : Dr.Rekening Britama xxx
Cr.Kas xxx
5.2 Saran
Agar tercapainya kepuasan Nasabah secara optimal hendaknya PT. Bank
Rakyat Indonesia (persero) Tbk Unit Tegal Besar Cabang Jember meningkatkan
mutu pelayanannya. Sebagai contoh keramahan yang harus dilakukan oleh setiap
pegawai dalam melayani para nasabah serta ketersediaanya fasilitas dan
keamanan bagi para nasabah.
Bagi PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk sendiri harus memperbaiki
Sistem Pelanyanan Nasabah (BRINETS) yang terkadang mengalami off line.
Hal tersebut menghambat kinerja perusahan dan membuat para nasabah harus
menunggu lama dalam proses pelayanan. | en_US |