PROSES RESERVASI HOTEL DALAM KEGIATAN MICE DI PT HARYONO TOUR AND TRAVEL MALANG
Abstract
MICE merupakan industri baru yang sedang berkembang dengan angka
pertumbuhan yang cepat. Industri ini berasal dari Eropa dan Amerika Utara, dan
sekarang menjadi industri internasional yang ditandai dengan adanya investasi lintas
benua (Noor, 2007:1). Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang
semakin cepat, kegiatan MICE sangat diperlukan oleh banyak perusahaan untuk
mengembangkan usahanya dengan cara mengadakan pertemuan-pertemuan yang
dilakukan di suatu tempat yang dapat dijangkau dengan mudah terutama di Indonesia.
Setiap event MICE memerlukan akomodasi salah satunya berupa hotel yang
dimana hotel tersebut menjadi lokasi event tersebut selama beberapa hari. Umumnya
event MICE dilakukan di sebuah hotel karena hotel menyediakan fasilitas ruang
meeting, hall untuk konferensi, kamar untuk tempat istirahat peserta, dan fasilitas
penunjang lainnya. MICE umumnya terselenggara di kota-kota yang pertumbuhan
pariwisatanya sangat pesat contohnya Malang. Malang merupakan tempat yang cocok
dijadikan tempat penyelenggaraan event MICE dikarenakan disana banyak berdiri
hotel-hotel berbintang yang cukup untuk kegiatan meeting maupun konferensi besar
lainnya. Selain itu berdirinya hotel juga didasari oleh banyaknya wisatawan yang
datang ke Malang untuk berplesir di tempat-tempat wisata yang menyenangkan. Jadi
selain berkunjung untuk menghadiri event MICE, peserta juga akan membawa
keluarganya untuk berplesir.
PT Haryono Tour and Travel Malang adalah satu biro perjalanan wisata di Malang
yang bergerak di bidang jasa yaitu menangani kegiatan MICE, salah satunya dalam
acara Pengembangan Profesi Bedah Berkelanjutan (P2B2 PABI XII). Acara ini
adalah acara terbesar untuk kalangan dokter bedah se-Indonesia. PT Haryono Tour
and Travel sebagai Professional Conference Organizer hanya menangani pengurusan
akomodasi kamar untuk penginapan peserta selama acara berlangsung. Selain itu PT
Haryono Tour and Travel melayani acara meeting, gathering, pelayanan transportasi
untuk MICE, dan exhibition planning.
Tahap pengurusan proses reservasi hotel untuk acara P2B2 PABI XII adalah,
pertama pihak PCO melakukan kerja sama dengan pihak hotel, terutama yang telah
memiliki kontrak dengan PCO, kedua peserta akan melakukan registrasi lewat email,
telepon, fax, maupun datang secara langsung terkait dengan akomodasi peserta serta
menanyakan tentang proses pembayaran. Ketiga, pihak PCO bertanggung jawab atas
hal-hal yang terkait dengan akomodasi peserta pada saat acara berlangsung. Keempat,
pihak PCO melaporkan dan menyelesaikan administrasi pembayaran dengan hotel
sesuai dengan kontrak yang telah ditandatangani.
Usai acara MICE tersebut, pihak PCO bertanggung jawab atas semua yang telah
terjadi ketika acara tersebut terkait akomodasi. Evaluasi terhadap kekurangan dan
kelebihannya dilakukan usai kegiatan berlangsung.