Show simple item record

dc.contributor.authorDenik Mulyawati
dc.date.accessioned2013-07-18T02:01:05Z
dc.date.available2013-07-18T02:01:05Z
dc.date.issued2013-07-18
dc.identifier.nimNIM070210193107
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/670
dc.description.abstractSalah satu usaha untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran adalah dengan memfasilitasi pembelajaran dengan media tertentu. Web merupakan salah satu jenis media yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan Web sebagai media Informasi bahan belajar, sekaligus sarana bagi para siswa untuk mengakses informasi yang lebih luas dengan arahan guru. Guru dan siswa secara bersama-sama dapat memperoleh informasi bahan belajar melalui penggunaan Web. Dari penggunaan Web sebagai media pembelajaran dapat diketahui keaktifan siswa yang dimiliki siswa saat proses pembelajaran. Hasil belajar meliputi tiga ranah antara lain kognitif, afektif, psikomotor. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Web terhadap: (1) keaktifan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukowono, Jember, (2) hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukowono, Jember. Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai acuan bagi penelitian selanjutnya untuk lebih meningkatkan mutu pembelajaran, terutama pada pelajaran biologi. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sukowono, Jl. Sultan Agung No. 80 Sukowono, Jember yang dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2011-2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester gasal SMP Negeri 2 Sukowono, Jember tahun ajaran 2011-2012. Metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen yang merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Untuk menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis Web interaktif terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa dilakukan analisis data dengan menggunakan uji T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji T-test terhadap keaktifan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat diketahui bahwa keduanya memiliki hasil yang sama. Peningkatan keaktifan siswa hanya tampak lebih tinggi pada kelas eksperimen (VIII D) dengan persentase keaktifan siswa sebesar 74,2% dan 70,7% pada kelas kontrol. Kedua persentase tersebut jika dilihat dari persentase rata-rata yang dihitung secara manual. Hasil uji T-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menghasilkan taraf signifikan > 0,05 (0,065) menunjukkan bahwa perlakuan tidak berpengaruh signifikan terhadap keaktifan siswa. Hasil belajar siswa juga diukur melalui ranah kognitif dan psikomotor. Dari hasil uji T-test menunjukkan bahwa perbedaan kelas dengan media pembelajaran yang berbeda memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf signifikan sebesar 0,015 (< 0,05). Selain ranah kognitif juga dilakukan penilaian terhadap ranah psikomotor. Uji T-test menunjukkan bahwa perbedaan kelas dengan media pembelajaran yang berbeda memberikan pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf signifikan sebesar 0,001 (< 0,05). Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan Web sebagai media pembelajaran tidak memberikan pengaruh signifikan dengan taraf signifikan sebesar 0,065 (Sig >0,05) terhadap keaktifan belajar biologi serta penggunaan Web sebagai media pembelajaran biologi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa baik hasil belajar kognitif maupun hasil belajar psikomotor sebesar 0,015 dan 0,001 (<0,05) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukowono Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210193107;
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB INTERAKTIF TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUKOWONO JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record