Show simple item record

dc.contributor.advisorAT. Hendrawijaya
dc.contributor.advisorImsiyah, Niswatul
dc.contributor.authorNandika, Vica Apriani
dc.date.accessioned2015-12-08T02:11:58Z
dc.date.available2015-12-08T02:11:58Z
dc.date.issued2015-12-08
dc.identifier.nim110210201029
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67080
dc.description.abstractMasa usia dini merupakan masa usia keemasan (golden age) yang tidak bisa diulang untuk kedua kalinya. Sehingga menjadi sangat penting untuk merangsang kecerdasan yang dimiliki oleh setiap anak pada masa ini. Kecerdasan merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memperoleh pengetahuan dan menyelesaikan suatu masalah secara terarah. Untuk merangsang kecerdasan tersebut, maka peran seorang pendidik yang berkompeten sangat diperlukan. Pendidik yang berkompeten mampu mengetahui berbagai aspek kecerdasan yang dimiliki setiap anak, dengan demikian pendidik mampu memberikan pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar anak. Sehingga memudahkan pendidik dalam merangsang kecerdasan-kecerdasan yang dimiliki oleh setiap anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara kompetensi pendidik dengan kecerdasan jamak anak usia dini di PAUD As Shobier Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kompetensi pendidik dengan kecerdasan jamak anak usia dini di PAUD As Shobier Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Hasil penelitian ini akan bermanfaat sebagai refrensi teoritis bagi program pendidikan luar sekolah khususnya program pendidikan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Tempat yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah PAUD As Shobier di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Penentuan daerah penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik penentuan responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah populasi. Populasinya adalah siswa siswi atau peserta didik di PAUD As Shobier yang berjumlah 14 anak dengan usia 3-4 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan rubrik/check list. Analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi tata jenjang. Berdasarkan dari analisis data maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kompetensi pendidik dengan kecerdasan jamak anak usia dini di PAUD As Shobier Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Dalam artian hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis kerja (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data pada tiap-tiap indikator antara variabel X dengan variabel Y, terdapat beberapa indikator variabel X yang memiliki tingkat hubungan yang cukup, agak rendah, dan rendah dengan indikator pada variabel Y. Tinggi rendahnya hubungan antar tiap indikator pada variabel X dengan variabel Y dapat dilihat pada perolehan r hitung yang kemudian di prediksi menggunakan interpretasi nilai korelasi r. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat tempat tersendiri bagi kompetensi-kompetensi tersebut untuk merangsang kecerdasan anak. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti untuk lembaga serta pendidik PAUD hendaknya pendidik selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas diri guna mencapai standar kompetensi seperti yang telah diatur dalam UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sehingga semakin memudahkan dalam merangsang kecerdasan-kecerdasan yang dimiliki oleh setiap anak.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKecerdasan Jamak Anak Usia Dinien_US
dc.subjectKompetensi Pendidiken_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PENDIDIK DENGAN KECERDASAN JAMAK ANAK USIA DINI DI PAUD AS SHOBIER KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record