• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN FLASH CARD DI POS PAUD CATLEYA 60 KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Aprillia Nurwidayati - 110210201014.pdf (4.213Mb)
    Date
    2015-12-08
    Author
    Nurwidayati, Aprillia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan kognitif adalah salah satu aspek perkembangan pada anak yang sangat diharapkan oleh wali murid POS PAUD Catleya 60 Kabupaten Jember khususnya kelompok B. Namun pada kenyataan aspek perkembangan tersebut belum dimiliki anak dengan baik. Hal tersebut dikarenakan anak hanya dipacu untuk menyelesaikan tugas di majalah maupun buku harian, sehingga anak jarang untuk diberi kesempatan dalam mengutarakan suatu pengetahuan. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang lebih bervariasi dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak. Dalam penelitian ini media yang digunakan untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak adalah flash card. Sehingga diperoleh rumusan masalah, yaitu apakah penggunaan permainan flash card dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di Kelompok B POS PAUD Catleya 60 Kabupaten Jember?. Untuk tujuan penelitian yaitu, untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di Kelompok B POS PAUD Catleya 60 Kabupaten Jember melalui penggunaan permainan flash card. Sehingga hasil dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran terutama untuk meningkatkan perkembangan kognitif peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan purposive area yaitu di Kelompok B POS PAUD Catleya 60 Kabupaten Jember, dikarenakan peneliti memiliki tujuan khusus dan pertimbanganpertimbangan di tempat tersebut. Untuk teknik pengambilan subyek penelitian, menggunakan teknik sampel bertujuan. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan instrumen skala penilaian dan metode dokumentasi. Metode analisis datanya menggunakan rumus mean. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua kali pembelajaran. Siklus pertama diuji dengan permainan flash card seri bentuk, siklus kedua diuji seri warna, dan siklus ketiga diuji dengan seri binatang. Dalam permainan flash card ini pengetahuan anak diuji melalui mengutarakan daya persepsi, pikiran, penalaran, daya ingat, konsentrasi, pemahaman simbol, serta pemecahan masalah dari gambar flash card di setiap serinya yang diperlihatkan tidak lebih dari satu detik. Dari hasil evaluasi pra siklus diperoleh data 4 peserta didik cukup berkembang dan 3 peserta didik kurang berkembang. Hasil evaluasi siklus pertama diperoleh data 3 peserta didik berkembang baik, 3 peserta didik cukup berkembang, dan 1 peserta didik kurang berkembang. Hasil evaluasi siklus kedua diperoleh data 3 peserta didik berkembang sangat baik dan 4 peserta didik berkembang baik. Hasil evaluasi siklus ketiga diperoleh data 7 peserta didik berkembang sangat baik. Dari ketiga siklus dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan perkembangan kognitif setiap peserta didik yang dilaksanakan melalui permainan flash card. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan melalui beberapa tindakan, dari siklus pertama, kedua, dan ketiga dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan flash card sangat tepat untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini dan melatih ketertiban anak dalam mengikuti pembelajaran. Sehingga dari hasil penelitian di setiap siklusnya dalam penilaian indikator perkembangan kognitif yang mengalami peningkatan, maka dari itu disarankan kepada pendidik anak usia dini untuk dapat menerapkan permainan flash card ini dalam membantu mengembangkan kognitif peserta didiknya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67078
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository