PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN FLASH CARD DI POS PAUD CATLEYA 60 KABUPATEN JEMBER
Abstract
Perkembangan kognitif adalah salah satu aspek perkembangan pada anak
yang sangat diharapkan oleh wali murid POS PAUD Catleya 60 Kabupaten Jember
khususnya kelompok B. Namun pada kenyataan aspek perkembangan tersebut
belum dimiliki anak dengan baik. Hal tersebut dikarenakan anak hanya dipacu
untuk menyelesaikan tugas di majalah maupun buku harian, sehingga anak jarang
untuk diberi kesempatan dalam mengutarakan suatu pengetahuan. Oleh karena itu,
diperlukan media pembelajaran yang lebih bervariasi dalam meningkatkan
perkembangan kognitif anak. Dalam penelitian ini media yang digunakan untuk
meningkatkan perkembangan kognitif anak adalah flash card. Sehingga diperoleh
rumusan masalah, yaitu apakah penggunaan permainan flash card dapat
meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di Kelompok B POS PAUD
Catleya 60 Kabupaten Jember?. Untuk tujuan penelitian yaitu, untuk meningkatkan
perkembangan kognitif anak usia dini di Kelompok B POS PAUD Catleya 60
Kabupaten Jember melalui penggunaan permainan flash card. Sehingga hasil dari
penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pendidik dalam mengembangkan
media pembelajaran terutama untuk meningkatkan perkembangan kognitif peserta
didik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian ditentukan
dengan purposive area yaitu di Kelompok B POS PAUD Catleya 60 Kabupaten
Jember, dikarenakan peneliti memiliki tujuan khusus dan pertimbanganpertimbangan
di tempat tersebut. Untuk teknik pengambilan subyek penelitian,
menggunakan teknik sampel bertujuan. Adapun metode pengumpulan data
menggunakan metode observasi dengan instrumen skala penilaian dan metode
dokumentasi. Metode analisis datanya menggunakan rumus mean.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari
dua kali pembelajaran. Siklus pertama diuji dengan permainan flash card seri
bentuk, siklus kedua diuji seri warna, dan siklus ketiga diuji dengan seri binatang.
Dalam permainan flash card ini pengetahuan anak diuji melalui mengutarakan daya
persepsi, pikiran, penalaran, daya ingat, konsentrasi, pemahaman simbol, serta
pemecahan masalah dari gambar flash card di setiap serinya yang diperlihatkan
tidak lebih dari satu detik. Dari hasil evaluasi pra siklus diperoleh data 4 peserta
didik cukup berkembang dan 3 peserta didik kurang berkembang. Hasil evaluasi
siklus pertama diperoleh data 3 peserta didik berkembang baik, 3 peserta didik
cukup berkembang, dan 1 peserta didik kurang berkembang. Hasil evaluasi siklus
kedua diperoleh data 3 peserta didik berkembang sangat baik dan 4 peserta didik
berkembang baik. Hasil evaluasi siklus ketiga diperoleh data 7 peserta didik
berkembang sangat baik. Dari ketiga siklus dapat disimpulkan bahwa adanya
peningkatan perkembangan kognitif setiap peserta didik yang dilaksanakan melalui
permainan flash card.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan
melalui beberapa tindakan, dari siklus pertama, kedua, dan ketiga dan berdasarkan
seluruh pembahasan serta analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
penggunaan permainan flash card sangat tepat untuk meningkatkan perkembangan
kognitif anak usia dini dan melatih ketertiban anak dalam mengikuti pembelajaran.
Sehingga dari hasil penelitian di setiap siklusnya dalam penilaian indikator
perkembangan kognitif yang mengalami peningkatan, maka dari itu disarankan
kepada pendidik anak usia dini untuk dapat menerapkan permainan flash card ini
dalam membantu mengembangkan kognitif peserta didiknya.