PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN PADA SISWA KELAS V SDN KEBONSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SDN Kebonsari 01 Jember dimulai tanggal 26
Januari hingga 05 Februari 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental
dengan desain pre-test post-test control group design. Populasi pada penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V SDN Kebonsari 01 Jember, yang berjumlah 46 siswa
dari kelas VA dan 43 siswa dari kelas VB. Sebelum menentukan kelas eksperimen
dan kelas kontrol, dilakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk mengetahui
kemampuan awal yang dimiliki siswa sebelum diberi perlakuan. Data uji
x
homogenitas diperoleh dari nilai UAS IPA semester ganjil 2014/2015. Hasil
perhitungan uji homogenitas menunjukkan nilai t0 = 1,284, kemudian nilai t0
dibandingkan dengan nilai ttabel dengan db = 87 pada taraf signifikansi 5% adalah
sebesar 1,991. Nilai tersebut membuktikan bahwa t0 < ttabel (1,284 < 1,991) yang
berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen.
Selanjutnya menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan teknik undian,
dan diperoleh hasil kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas
kontrol.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode tes. Skor test siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test dianalisis dengan
menggunakan rumus uji t karena hanya terdapat dua kelas. Hasil perhitungan rumus
uji t diperoleh thitung = 2,878, nilai ini kemudian dibandingkan dengan ttabel dengan db
= 87 pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 1,991. Berdasarkan hasil tersebut
diketahui bahwa thitung > ttabel (2,878 > 1,991), yang berarti hipotesis nihil (H0) yang
berbunyi tidak ada pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan media video
terhadap hasil belajar tema organ tubuh manusia pada siswa kelas V SDN Kebonsari
01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang
berbunyi ada pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan media video terhadap
hasil belajar tema organ tubuh manusia dan hewan pada siswa kelas V SDN
Kebonsari 01 Jember tahun pelajaran 2014/2015 diterima. Hasil perhitungan
keefektifan relatif dari penggunaan media video terhadap hasil belajar adalah
33,437%, yang mempunyai arti bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan media
video hasil belajarnya lebih baik 33,437% daripada siswa yang diajar tanpa
menggunakan media video.
Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh
positif yang signifikan dari penggunaan media video terhadap hasil belajar tema
organ tubuh manusia dan hewan pada siswa kelas V SDN Kebonsari 01 Jember tahun
pelajaran 2014/2015, atau dengan kata lain siswa yang diajar dengan menggunakan
media video hasil belajarnya lebih baik 33,437% daripada siswa yang diajar tanpa
menggunakan media video. Media video ini diharapkan dapat digunakan oleh guru
untuk memperjelas materi yang bersifat abstrak sehingga dapat lebih mudah dipahami
oleh siswa serta dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.