STRATEGI BURUH TANI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK (Studi Deskriptif di Desa Kebaman Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi )
Abstract
Strategi buruh tani dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak merupakan
suatu keharusan serta keinginan orang tua dalam memenuhi pendidikan anak hal ini
bertujuan untuk Masa depan anak- anak mereka nantinya. Dalam penelitian ini yang
menjadi objek kajian peneliti adalah keluarga buruh tani dalam masyarakat Kebaman
Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi yang melanjutkan pendidikan anaknya
minimal sekolah menengah atas bahkan sampai ke perguruan tinggi, dimana
pendapatan keluarga buruh tani ini yang tidak menentu, namun mereka mampu
membiayai pendidikan anaknya. Keluarga Buruh tani merupakan keluarga yang
pekerjaannya sebagai buruh di sector pertanian yaitu mengerjakan lahan pertanian
milik orang lain karena mereka tidak memiliki lahan sendiri. Untuk dapat memenuhi
pendidikan anak, keluarga buruh tani di Desa Kebaman tidak hanya menggantungkan
hidupnya disektor pertanian saja melainkan juga diluar sektor pertanian, karena
mereka menganggap pendidikan sangat penting untuk masa depan anak – anak
mereka nantinya. Penelitian ini memfokuskan pada kondisi ekonomi keluarga buruh
tani yang melanjutkan pendidikan anak mereka sampai minimal tingkat sekolah
menengah atas. Penelitian ini membahas mengenai strategi yang digunakan oleh
keluarga buruh tani untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak mereka minimal
sampai sekolah menengah atas.
Penelitian ini difokuskan untuk menjawab rumusan masalah yaitu
bagaimanakah strategi yang dilakukan buruh tani dalam memenuhi kebutuhan
pendidikan anak di Desa Kebaman, tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan dan menganalisa strategi buruh tani dalam memenuhi kebutuhan
pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang
bersifat deskriptif. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik snowball
sampling, dimana peneliti menentukan informan secara menggelinding atau bergulir.
Dalam penelitian ini, yang menjadi informan penelitian adalah empat informan pokok
yaitu buruh tani yang mampu menyekolahkan anaknya minimal sampai SMA dan
empat informan tambahan yaitu istri dari buruh tani. Pengumpulan data penelitian
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Untuk memeriksa keabsahan data
peneliti menggunakan pengukuran validitas data dengan tringulasi sumber yaitu
peneliti mempertanyaakan yang sama kepada informan yang berbeda. Dengan tujuan
memperoleh persamaan dan perbedaan persepsi dari masing-masing informan.
Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Kebaman Kecamatan Srono
Kabupaten Banyuwangi, penelitian dimulai 04 Desember 2012 sampai 04 Februari
2013. Dari analisis yang telah dilakukan oleh penulis, ada beberapa strategi yang
dilakukan oleh buruh tani ini dalam membiayai pendidikan anaknya yaitu dengan
cara melakukan penguatan system ekonomi yaitu dengan cara bekerja selain
pekerjaan pokoknya yaitu Diversifikasi usaha
Berdasarkan penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa seorang buruh tani
memiliki berbagai strategi dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak, karena
pendidikan anak sangat penting untuk masa depan anak-anak mereka nantinya agar
dapat lebih baik dari orang tuannya