PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BENDA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN SUMBERLESUNG 02 LEDOKOMBO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Jumlah siswa kelas III seluruhnya
adalah 27 siswa. Jumlah laki-laki sebanyak 5 siswa dan perempuan sebanyak 22
siswa. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas (PTK). Ada beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini, yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil observasi awal mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III
menunjukkan bahwa persentase rata-rata aktivitas siswa kelas III dalam
pembelajaran IPA yaitu 51%. Hasil dokumentasi mengenai hasil belajar siswa
kelas III dalam pembelajaran IPA yang diperoleh dari ulangan harian,
menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar siswa yaitu 48,2.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas III dengan penerapan metode eksperimen. Berdasarkan
hasil analisis data mengenai aktivitas belajar siswa kelas III pada siklus I dan II,
diperoleh data bahwa pada siklus I persentase rata-rata aktivitas belajar siswa
adalah 65,1%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 79%. Analisis data
mengenai hasil belajar siswa kelas III pada siklus I dan II, diperoleh data bahwa
skor rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 61,4 dan terjadi peningkatan pada
siklus II yaitu 73,3.
Kesimpulan dari penelitan ini adalah berdasarkan hasil observasi aktivitas
dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumberlesung 02 Ledokombo Jember dari
siklus I dan siklus II, terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Saran bagi
peneliti lain hendaknya dapat dijadikan sebagai informasi untuk melakukan
penelitian sejenis dengan bahasa yang berbeda dan sebagai bahan acuan atau
referensi mengenai penerapan metode ekperimen.