ANALISIS PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP INVESTASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH TINGKAT ATAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap investasi pendidikan di Sekolah Menengah Tingkat Atas di kecamatan Prajekan, kabupaten Bondowoso, serta menganalisis kebijakan yang tepat untuk mengatasi permasalahan seputar investasi pendidikan. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda dan Analisis SWOT.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 808 orang. Penetapan sampel dilakukan dengan metode Proportional Stratified Random Sampling, sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 51 wali murid SMA Negeri 1 Prajekan dan 34 wali murid SMK Negeri 1 Prajekan. Data dikumpulkan melalui kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh kondisi sosial ekonomi keluarga terhadap investasi pendidikan di Sekolah Menengah Tingkat Atas di kecamatan Prajekan, dimana kondisi sosial ekonomi keluarga dalam penelitian ini meliputi pendidikan kepala keluarga, pendapatan keluarga, jumlah tanggungan keluarga, jenis kelamin anak dan jenis sekolah yang dipilih. Kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat sebesar 58,5 %. Spesifikasi model sudah baik dengan terbebasnya model dari pelanggaran asumsi klasik multikolinearitas, heteroskedastisitas dan autokorelasi.
Hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan masukan bagi orangtua, sekolah, dan pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk lebih memperhatikan pendidikan anak bangsa, mengingat pentingnya investasi di bidang pendidikan sebagai upaya memperbaiki kualitas sumber daya manusia.
Collections
- MT-Science of Economic [204]