dc.description.abstract | Kurikulum 2013 adalah kurikulum baru yang dicetuskan oleh pemerintah
untuk menjawab tantangan internal dan tantangan eksternal era ini. Proses
pembelajaran pada kurikulum 2013 Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi
pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan scientific
dan mampu memberikan output berupa hasil belajar dari segi kognitif, afektif dan
psikomotor yang seimbang. Pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas dengan
pendekatan scientific mampu melibatkan siswa secara aktif untuk mengem-bangkan
pengetahuan, sikap dan keterampilannya guna mempersiapkan siswa menghadapi
kehidupan riil di masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada
pembelajaran di luar kelas (eksperimen) dan pembelajaran di dalam kelas (kontrol),
serta untuk mengetahui tingkat keefektifan dari keduanya. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian eksperimen lapangan dengan desain eksperimen murni
(true experimental design) pola random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Jember yang terdiri dari 112 siswa
(tiga kelas). Sampel yang diambil sebanyak 75 orang dari kelas IVA (39 siswa) dan
kelas IVB (36 siswa), yang ditentukan dengan teknik undian (random). Metode
pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, dokumentasi dan observasi.
Pada penelitian ini analisis data yang digunakan adalah uji homogenitas, uji
instrumen penelitian (uji validitas dan reliabilitas soal post test), uji normalitas, dan
uji hipotesis yang terdiri dari; uji t dua sampel dengan membandingkan antara ttabel
dan thitung untuk menguji ada tidaknya perbedaan yang signifikan, dan uji efektivitas
relatif (ER) untuk mendeteksi tingkat keberhasilan (kefektifan relatif) suatu perlakuan
(treatment) dibandingkan dengan perlakuan lainnya.
Hasil perhitungan uji hipotesis pertama melalui uji t dua sampel menunjukkan
bahwa rerata hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor pada pembelajaran di luar
kelas berturut-turut diperoleh sebesar 80,75, 84,31 dan 82,89. Sementara rerata hasil
belajar kognitif, afektif dan psikomotor pada pembelajaran di dalam kelas berturutturut
diperoleh sebesar 74,82, 73,59 dan 75,90. Nilai thitung aspek kognitif sebesar -
2,554, nilai thitung aspek afektif sebesar -4,548, dan nilai thitung aspek psikomotor
sebesar -3,173. Harga thitung bernilai negatif tersebut dikonsultasi-kan dengan (-ttabel)
sebesar -1,996 yang menunjukkan bahwa thitung - ttabel, artinya terdapat perbedaan
hasil belajar yang signifikan antara siswa yang melakukan pembelajaran di luar kelas
dan di dalam kelas.
Berdasarkan hasil analisis hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif dan
psikomotor secara keseluruhan, diperoleh informasi bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan dari pembelajaran yang dilakukan oleh siswa di luar kelas (outdoor study)
dan di dalam kelas. Keduanya dapat meningkatkan hasil belajar berupa pengetahuan,
keterampilan dan sikap siswa, tetapi dalam hal ini hasil yang diperoleh pada kelas
eksperimen yaitu kelas IVB yang melakukan pembelajaran di luar kelas (outdoor
study) menunjukkan hasil yang lebih baik dan lebih efektif. | en_US |