Show simple item record

dc.contributor.advisorMardiati, Yayuk
dc.contributor.advisorZahroul F., Chumi
dc.contributor.authorMardalita
dc.date.accessioned2015-12-07T07:33:07Z
dc.date.available2015-12-07T07:33:07Z
dc.date.issued2015-12-07
dc.identifier.nim110210204094
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66923
dc.description.abstractPenerapan kurikulum 2013 sebagai acuan kurikulum pendidikan membuka pandangan baru sistem pendidikan di Indonesia saat ini, namun dalam pelaksanaannya mengalami berbagai kendala. Terbukti dari hasil observasi yang telah dilakukan di SDN Sumbersari 03 Jember pada pembelajaran tematik integratif menunjukkan aktivitas belajar siswa dalam kategori cukup aktif dan hasil belajar siswa dalam kategori kurang baik. Banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran tematik integratif, salah satunya adalah penerapan metode pembelajaran. Kondisi ini disebabkan oleh penerapan pendekatan scientific dalam pembelajaran masih belum maksimal dan kurangnya variasi media yang digunakan guru dalam pembelajaran. Akibatnya, kurangnya minat siswa terhadap materi pelajaran. Maka, diperlukan suatu pembelajaran alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa salah satunya melalui penerapan metode inkuiri dengan menggunakan media boneka tangan. Penerapan metode inkuiri dan media boneka tangan tersebut dapat menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode inkuiri menggunakan boneka tangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dengan tema “Cita-citaku” di SDN Sumbersari 03 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penerapan metode inkuiri menggunakan boneka tangan dengan tema “Cita-citaku” di SDN Sumbersari 03 Jember Tahun Pelajaran 2014/2015. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IV-A SDN Sumbersari 03 Jember tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 30 siswa. Jenis penelitian adalah PTK, desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa prasiklus masih tergolong cukup aktif dengan skor rata-rata 41,11%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 19,78% dengan rata-rata persentase ketercapaian 60,89% yang termasuk dalam kriteria cukup aktif. Aktivitas belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,21% dengan rata-rata persentase ketercapaian 71,1% yang termasuk dalam kriteria aktif. Hasil belajar prasiklus termasuk dalam kriteria kurang baik, terbukti dari rata-rata hasil belajar prasiklus sebesar 59,73%. Hasil belajar siswa siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,64%, secara klasikal rata-rata persentase ketercapaian 68,37% yang termasuk dalam kriteria cukup baik. Hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan sebesar 7,53% secara klasikal sebesar 75,9% dan termasuk dalam kriteria baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode inkuiri dengan menggunakan media boneka tangan berjalan dengan lancar. Penerapan metode inkuiri dengan menggunakan media boneka tangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV-A SDN Sumbersari 03 Jember. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diberikan saran, bagi guru, untuk mendapat pengalaman langsung dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, bagi siswa, dapat memberikan motivasi dan semangat dalam pembelajaran, bagi peneliti, dapat menambah pengetahuan dan pengalaman serta dapat dijadikan bekal sebelum terjun langsung sebagai guru yang profesional, dan bagi peneliti berikutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber rujukan untuk mengembangkan penelitian.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMetode Inkuirien_US
dc.subjectBoneka Tanganen_US
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IVen_US
dc.titlePENERAPAN METODE INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DENGAN TEMA CITA-CITAKU DI SDN SUMBERSARI 03 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record