• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN AJUNG O3 JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015

    Thumbnail
    View/Open
    Imron Aziz - 110210204013.pdf (5.342Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    Aziz, Imron
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Membaca adalah suatu kegiatan penerjemahan lambang-lambang tulisan (huruf latin dan angka), atau simbol-simbol ke dalam lambang bunyi yang bertujuan untuk memahami pesan atau informasi yang disampaikan penulis melalui simbolsimbol tersebut. Pada semua jenjang pendidikan, kemampuan membaca menjadi skala prioritas yang harus dikuasai siswa termasuk siswa di sekolah dasar. Salah satu jenis keterampilan membaca yang harus dikuasai siswa adalah keterampilan membaca pemahaman. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan observasi awal pada siswa kelas III SDN Ajung 03 Jember pada tanggal 4 Agustus 2014 dapat diuraikan bahwa hasil belajar kemampuan membaca pemahaman pada siswa masih tergolong kurang. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan jumlah siswa yang mampu mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) hanya mencapai 51%. Pada saat membaca, siswa hanya memperhatikan ejaan bacaannya saja tanpa mengetahui topik dari bacaan yang diberikan oleh guru, siswa tidak mendapatkan informasi dari bahan bacaan yang dibacanya dan hanya beberapa siswa yang dapat menjawab dengan benar pertanyaanpertanyaan dari guru terkait dengan bacaan yang diberikan oleh guru, sehingga hanya sedikit siswa yang dapat mengerjakan tes yang diberikan oleh guru. Berdasarkan temuan-temuan masalah di atas, diperlukan suatu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan suatu metode/model pembelajaran yang lebih tepat agar pembelajaran lebih optimal. Model pembelajaran yang relevan dan sesuai untuk mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Thin Pair Share. Melalui model TPS ini siswa dapat berpikir secara individu dan mengembangkan kemampuan bekerja sama dalam menjawab pertanyaan dari guru. Berdasarkan temuan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SDN Ajung 03 Jember Lumajang; dan (1) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar kemampuan membaca siswa kelas III SDN Ajung 03 Jember setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN Ajung 03 Jember (2) Untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN Ajung 03 Jember setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah PTK model John Elliot dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam penelitian ini dilakukan pada tahap pascabaca dimana dalam siklus 1 dengan anggota kelompok 2 orang dan pada siklus 2 dengan anggota kelompok 4 orang. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa setelah diterapkan model TPS diketahui skor hasil belajar siswa pada prasiklus 66,25 menjadi 76,02 pada siklus 1 dan 83,52 pada siklus 2. Atas dasar itu, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN Ajung 03 Jember. Saran yang dapat diberikan kepada guru yaitu hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam proses pembelajaran untuk dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66852
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository