PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN AJUNG O3 JEMBER TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Membaca adalah suatu kegiatan penerjemahan lambang-lambang tulisan
(huruf latin dan angka), atau simbol-simbol ke dalam lambang bunyi yang bertujuan
untuk memahami pesan atau informasi yang disampaikan penulis melalui simbolsimbol
tersebut. Pada semua jenjang pendidikan, kemampuan membaca menjadi
skala prioritas yang harus dikuasai siswa termasuk siswa di sekolah dasar. Salah satu
jenis keterampilan membaca yang harus dikuasai siswa adalah keterampilan
membaca pemahaman.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan observasi awal pada siswa
kelas III SDN Ajung 03 Jember pada tanggal 4 Agustus 2014 dapat diuraikan bahwa
hasil belajar kemampuan membaca pemahaman pada siswa masih tergolong kurang.
Hal tersebut dapat dibuktikan dengan jumlah siswa yang mampu mencapai nilai
kriteria ketuntasan minimal (KKM) hanya mencapai 51%. Pada saat membaca, siswa
hanya memperhatikan ejaan bacaannya saja tanpa mengetahui topik dari bacaan yang
diberikan oleh guru, siswa tidak mendapatkan informasi dari bahan bacaan yang
dibacanya dan hanya beberapa siswa yang dapat menjawab dengan benar pertanyaanpertanyaan
dari guru terkait dengan bacaan yang diberikan oleh guru, sehingga hanya
sedikit siswa yang dapat mengerjakan tes yang diberikan oleh guru. Berdasarkan
temuan-temuan masalah di atas, diperlukan suatu cara untuk mengatasi permasalahan
tersebut yaitu dengan menggunakan suatu metode/model pembelajaran yang lebih
tepat agar pembelajaran lebih optimal. Model pembelajaran yang relevan dan sesuai
untuk mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Thin
Pair Share. Melalui model TPS ini siswa dapat berpikir secara individu dan
mengembangkan kemampuan bekerja sama dalam menjawab pertanyaan dari guru.
Berdasarkan temuan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah: (1) Bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS
untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SDN Ajung 03 Jember
Lumajang; dan (1) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar kemampuan membaca
siswa kelas III SDN Ajung 03 Jember setelah diterapkan model pembelajaran
kooperatif tipe TPS. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang dapat
meningkatkan hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN
Ajung 03 Jember (2) Untuk meningkatkan hasil belajar kemampuan membaca
pemahaman siswa kelas III SDN Ajung 03 Jember setelah diterapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.
Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Ajung 03 Kecamatan Ajung
Kabupaten Jember tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah PTK model
John Elliot dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes.
Proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam penelitian
ini dilakukan pada tahap pascabaca dimana dalam siklus 1 dengan anggota kelompok
2 orang dan pada siklus 2 dengan anggota kelompok 4 orang.
Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa setelah diterapkan
model TPS diketahui skor hasil belajar siswa pada prasiklus 66,25 menjadi 76,02
pada siklus 1 dan 83,52 pada siklus 2. Atas dasar itu, maka dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman siswa kelas III SDN Ajung 03 Jember.
Saran yang dapat diberikan kepada guru yaitu hendaknya dapat menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam proses pembelajaran untuk dapat
meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa.