FAKTOR-FAKTOR INTERNAL YANG MEMPENGARUHI STRES PADA MAHASISWA ANGKATAN 2014 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Lazarus dan Folkman, menyatakan, stres adalah sebuah hubungan antara
individu dengan lingkungan yang dinilai oleh individu tersebut sebagai hal yang
membebani atau sangat melampaui kemampuan seseorang dan membahayakan
kesejahteraannya. Stres juga bisa berarti ketegangan, tekanan batin, tegangan, dan
konflik yang berarti:
a. Satu stimulus yang menegangkan kapasitas-kapasitas (daya) psikologis atau
fisiologis dari suatu organisme.
b. Sejenis frustasi, di mana aktifitas yang terarah pada pencapaian tujuan telah
diganggu oleh atau dipersukar, tetapi terhalang-halangi; peristiwa ini biasanya
disertai oleh perasaan was-was kuatir dalam percapaian tujuan.
c. Kekuatan yang diterapkan pada suatu sistem, tekanan-tekanan fisik dan psikologis
yang dikenakan pada tubuh dan pada pribadi.
d. Satu kondisi ketegangan fisik atau psikologis disebabkan oleh adanya persepsi
ketakutan dan kecemasan.
Mahasiswa dapat didefinisikan sebagai individu yang sedang menuntut ilmu
ditingkat perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta atau lembaga lain yang
setingkat dengan perguruan tinggi. Mahasiswa dinilai memiliki tingkat intelektualitas
yang tinggi, kecerdasan dalam berpikir dan kerencanaan dalam bertindak. Berpikir
kritis dan bertindak dengan cepat dan tepat merupakan sifat yang cenderung melekat
pada diri setiap mahasiswa, yang merupakan prinsip yang saling melengkapi
Fakultas Kedokteran Universitas Jember merupakan salah satu fakultas
kedokteran yang menganut sistem pembelajaran PBL (Problem Based Learning).
Problem-Based Learning (PBL) atau Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) adalah
metode pengajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk
para peserta didik belajar berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah, dan
memperoleh pengetahuan (Duch, 1995). Finkle dan Torp (1995) menyatakan bahwa
PBL merupakan pengembangan kurikulum dan sistem pengajaran yang
mengembangkan secara simultan strategi pemecahan masalah dan dasar-dasar
pengetahuan dan keterampilan dengan menempatkan para peserta didik dalam peran
aktif sebagai pemecah permasalahan sehari-hari yang tidak terstruktur dengan baik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah cross sectiona untuk mengetahui faktorfaktor
yang mempengaruhi stres pada mahasiswa angkatan 2014 Fakultas Kedokteran
Universitas Jember dengan menggunakan teknik totally sample dalam mengambil
sample. Penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa angkatan 2014 Fakultas
Kedokteran Universitas Jember.
Collections
- UT-Faculty of Medical [1487]