• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TANTANGAN PERAN ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR ANAK BERBASIS KURIKULUM 2013

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Fiqqih Baharuddin - 090910302065.pdf (3.232Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    Baharuddin, Fiqqih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang bagaimana orang tua membantu para anak mereka dalam belajar, terutama orang yang menerapkan kurikulum 2013. Dan juga menjelaskan tantangan yang dihadapi oleh orang tua dalam perannya tersebut beserta solusinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan ataupun menggambarkan secara sistematis mengenai kejadian yang ada, serta hubungan-hubungan antar fenomena yang ada di lokasi. Peneliti mengambil lokasi penelitian di SDN Jember Lor 3 khusunya pada guru dan orang tua para siswa. Teknik penentuan informan yang dilakukan adalah dengan metode Purposive Sampling sesuai kriteria yang relevan dengan masalah penelitian. Metode pengumpulan data dengan studi pustaka dan studi lapang meliputi observasi, wawancara serta dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber data. Proses selanjutnya adalah melakukan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan selanjutnya pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, bahwa dari semua konflik tentang kurikulum yang dihadapi dunia pendidikan indonesia berimbas juga kepada para orang tua peserta didik. Dimana para orang orang tua memiliki peran yang berubah dari kurikulum sebelumnya. Dari perubahan peran tersebut tidak semua orang tua mampu menjalankannya. Banyak masalah yang dihadapi baik dari sekolah, murid, dan orang tua. sehingga membuat orang tua kesulitan bagaimana cara menjalankan kurikulum 2013 di lingkungan keluarga. Beberapa masalah yang menjadi tantangan orang tua yaitu: masalah isi atau maksud dari kurikulum 2013 tersebut, masalah waktu yang dimiliki oleh orang tua guna mendampingi anak mereka, dan yang terakhir adalah masalah biaya yang harus dikeluarkan. Karena viii pada kurikulum 2013 orang tua dituntut lebih banyak mengeluarkan biaya untuk kegiatan praktek. Beberapa tantangan tersebut membuat orang tua memiliki cara masingmasing dalam menyelesaikannya sehingga penerapan kurikulum 2013 tersebut dapat terlaksana dengan baik. Kemudian para orang tua seharusnya lebih sering berkomunikasi dengan sekolah agar segala tantangan dapat di selesaikan bersama.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66822
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5615]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail