• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Teorema Pythagoras dengan Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan Model Pembelajaran Langsung di Kelas VIII SMP Negeri 7 Jember Tahun Ajaran 2014/2015;

    Thumbnail
    View/Open
    Nadiah Agustiningsih - 100210101085.pdf (14.33Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    Agustiningsih, Nadiah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar siswa pokok bahasan Teorema Pythagoras yang diajar menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan model pembelajaran langsung di kelas VIII SMP Negeri 7 Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Pendidikan merupakan kebutuhan sepanjang hayat. Setiap manusia membutuhkan pendidikan, sampai kapan dan dimanapun ia berada. Kurikulum merupakan salah satu unsur yang memberikan kontribusi yang signifikan untuk mewujudkan proses berkembangnya kualitas potensi peserta didik. Saat ini kurikulum yang dilaksanakan di Indonesia yaitu kurikulum 2013 dimana sekolah diwajibkan menggunakan pendekatan scientific. Matematika tidak hanya berperan dalam bidang matematika tetapi juga pada bidang lain. Penyebab rendahnya mutu pendidikan diantaranya terkait dengan kualitas model pembelajaran yang kurang tepat. Model pembelajaran langsung adalah model pembelajaran yang dapat membantu siswa mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh pengetahuan yang diajarkan langkah demi langkah dan dilandasi pemberian umpan balik, sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang lebih terstruktur. Namun, sebagian besar kegiatan pembelajaran masih tetap berpusat pada guru. Dalam proses belajar mengajar yang telah berlangsung keaktifan siswa masih kurang. Oleh sebab itu, dilakukan model pembelajaran lain yang dapat melibatkan siswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga diharapkan hasil belajar yang diperoleh siswa juga baik. Dalam hal ini peneliti memilih model pembelajaran Creative Problem x Solving (CPS). Model pembelajaran CPS merupakan model pembelajaran yang melatih siswa dengan cara memberikan kesempatan berpikir siswa untuk memilih dan menggembangkan tanggapannya dalam memecahkan masalah. Selama proses pembelajaran berlangsung siswa tidak hanya mendengarkan dan mencatat saja, tetapi siswa dapat menggunakan berbagai cara sesuai dengan kemampuan mereka untuk memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri Jember mulai 10 Desember sampai 18 Desember 2014. Langkah awal pada penelitian ini yaitu pengambilan sampel dengan melakukan uji normalitas dan homogenitas pada hasil ulangan materi sebelumnya untuk mengetahui apakah populasi tersebut normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis keenam kelas tersebut dinyatakan normal dan homogen, maka diambil 2 kelas sebagai sampel. Dua sampel yang terambil yaitu kelas VIII A dan VIII B. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran CPS dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan uji statistik Independent Sample T-test menunjukkan hasil yang signifikan. Hasil belajar meliputi penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Hal ini terlihat pada penilaian sikap siswa dengan taraf signifikan 0,025 yaitu artinya ada perbedaan nilai sikap siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada penilaian keterampilan siswa dengan taraf signifikan 0,025 yaitu artinya ada perbedaan nilai keterampilan siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada penilaian pengetahuan siswa dengan taraf signifikan 0,025 yaitu artinya ada perbedaan nilai pengetahuan siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari hasil analisis data dan pembahasan adalah ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model pembelajaran CPS dan model pembelajaran langsung.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66815
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository