Show simple item record

dc.contributor.advisorBektiarso, Singgih
dc.contributor.advisorPrihandono, Trapsilo
dc.contributor.authorHimah, Elok Faiqotul
dc.date.accessioned2015-12-06T16:58:45Z
dc.date.available2015-12-06T16:58:45Z
dc.date.issued2015-12-06
dc.identifier.nim100210102017
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66678
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari gejala – gejala dan kejadian alam melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang dibangun atas dasar sikap ilmiah dan hasilnya berwujud produk ilmiah berupa konsep, hukum, teori yang berlaku secara universal. Permasalahan pada bidang studi IPA terutama bidang fisika yang sering muncul yakni kurangnya kemampuan siswa dalam memahami konsep fisika. Oleh karena itu, pemilihan model pembelajaran dalam pembelajaran IPA khusunya bidang fisika haruslah dilatarbelakangi oleh suatu faktor yang kontekstual dan dilandaskan pada pertimbangan untuk menempatkan siswa sebagai subjek belajar yang tidak hanya menerima (pasif) ketika belajar di dalam kelas namun juga harus dapat menempatkan siswa sebagai insan yang alami, memiliki pengalaman, keinginan, dan pikiran yang dapat dimanfaatkan untuk belajar, baik secara individu maupun kelompok. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik IPA bidang fisika adalah model problem based learning (PBL) disertai metode pictorial riddle. Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) mengkaji perbedaan antara hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning disertai metode pictorial riddle dengan model pembelajaran yang biasa digunakan di SMA, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama diterapkan model problem based learning disertai metode pictorial riddle dalam pembelajaran fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tanggul. Adapun sebelum pemilihan sampel dilakukan uji homogenitas, dengan jumlah populasi kelas X MIA sebanyak 5 kelas dan diambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian menggunakan randomized post-test only control group design dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Sumber data berasal dari penilaian oleh peneliti, penilaian oleh observer, serta post-test. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan uji t berbantuan software SPSS 16. Hasil analisis data menggunakan Uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, diperoleh nilai = 4.919 dan nilai = 1.993 sehingga > , maka hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis kerja ( ) diterima. Hasil analisis aktivitas belajar siswa selama pembelajaran fisika menggunakan model problem based learning disertai metode pictorial riddle menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dapat dikategorikan sangat aktif dengan persentase sebesar 82,17%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model problem based learning disertai metode pictorial riddle dengan model pembelajaran yang biasa digunakan di SMA, (2) aktivitas belajar siswa melalui penerapan model problem based learning disertai metode pictorial riddle selama pembelajaran fisika siswa di SMA termasuk dalam kriteria sangat aktif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectMetode Pictorial Riddleen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI METODE PICTORIAL RIDDLE DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record