dc.description.abstract | Rolling Resistance adalah tahanan terhadap roda yang akan dan telah
menggelinding akibat adanya gaya gesekan antara roda dengan permukaan jalannya
roda. Pada dasarnya, rolling resistance adalah momen yang digunakan roda untuk
melawan arah gerakan, setara dengan gaya yang dibutuhkan untuk menggerakkan
roda bergerak maju. Rolling resistance memiliki pengaruh yang cukup besar terhdap
efisiensi kendaraan. Banyak faktor yang mempengaruhi rolling resistance, salah
satunya adalah tekanan udara (Inflation Preassure) dari ban itu sendiri. Pada ban,
tekanan udara adalah hal yang harus selalu diperhatikan karena berkaitan dengan
keamanan dan kenyamanan berkendara. Pada kenyataannya tekanan udara pada ban
juga mempengaruhi rolling resistance yang akhirnya berpengaruh juga terhadap
konsumsi bahan bakar. Oleh karena itu perlu adanya pengamatan tentang pengaruh
tekanan udara yang diharapkan bisa menurunkan gaya rolling resistance agar dapat
menentukan tekanan udara pada ban yang sesuai.
Permasalahan yang di teliti adalah untuk mengetahui pengaruh variasi tekanan
udara (inflation Preassure terhadap nilai gaya dan koefisien rolling resistance pada )
pada ban tipe radial ply. Metode yang di pakai untuk mencari pengaruh variable
tersebut adalah analisis eksperimental.
Dari hasil penelitian, dicari variable pengaruh variasi tekanan udara ban
(inflation preassure) terhadap Gaya rolling resistance dan nilai Rolling resistance dari
suatu ban jenis radial ply. Nilai Rolling Resistance paling rendah didapat dari
variable tekanan udara ban 300 kPa dengan beban radial 1kN diketahui lebar tapak
kontak ban dengan landasan uji sebesar 39 mm, didapatkan gaya Rolling resistance
9,368125 N dan nilai koefisien Rolling Resistance 0,937%. | en_US |