INOVASI PRODUK PADA ROTI CERIA DI JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi produk pada Roti Ceria
di Jember. Obyek dalam penelitian ini adalah Roti Ceria Jember. Informan dalam
penelitian ini adalah pemilik Roti Ceria dan beberapa pengelola yang besedia
untuk dijadikan narasumber. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian
deskriptif dengan paradigma kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah
analisis domain dan analisis taksonomi. Analisis domain yaitu alat yang
digunakan untuk menganalisis gambaran-gambaran obyek penelitian secara
umum, sedangkan analisis taksonomi yaitu analisis terhadap keseluruhan data
yang terkumpul berdasarkan domain yang telah ditetapkan. Analisis taksonomi
merupakan penjelasan dari analisis domain hingga tidak ada lagi bagian yang
tersisa.
Hasil penelitian menerangkan bahwa Roti Ceria Jember menerapkan enam
basis inovasi produk yaitu meliputi, inovasi berbasi modulasi, inovasi berbasis
ukuran, inovasi berbasis kemasan, inovasi berbasi desain, inovasi berbasis
pengembangan bahan komplementer dan inovasi berbasis pengurangan upaya.
Inovasi yang dilakukan oleh Roti Ceria yakni dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu,
pertama informasi internal yaitu ide yang diperoleh dari dalam perusahaan, kedua
informasi eksternal yaitu ide yang diperoleh dari luar perusahaan dan ketiga
teknologi.
Dalam menghasilkan produk agar diterima oleh konsumen Roti Ceria
menekankan pada keenam basis inovasi produk, harga yang ekonomis serta
produk yang berkualitas dan bervariasi sesuai dengan tag line Roti ceria yaitu “
murah, enak, fresh from the oven”, sehingga produk memiliki ciri khas dan
mampu menarik minat konsumen dan mempertahankan pelanggannya. Itulah
yang membuat Roti Ceria masih dapat menjaga keberlangsungan hidup usahanya
hingga saat ini. Hal ini terbukti dengan daerah pemasarannya yang tidak hanya di
viii
Jember saja namun sudah memasuki kota lain seperti probolinggo, Situbondo, dan
Banyuwangi.
Saluran Distribusi yang dilakukan oleh Roti Ceria tidak hanya saluran
distribusi secara langsung melalui outlet Roti Ceria , tetapi Roti Ceria juga
mendistribusikan hasil produknya ke retail-retail yang menjadi mitra kerja dan
juga secara online melalui web, facebook dan twitter.