• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    INOVASI PRODUK PADA ROTI CERIA DI JEMBER

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Yulia Rafelia Saputri - 110910202003.pdf (3.273Mb)
    Date
    2015-12-05
    Author
    Saputri, Yulia Rafelia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi produk pada Roti Ceria di Jember. Obyek dalam penelitian ini adalah Roti Ceria Jember. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik Roti Ceria dan beberapa pengelola yang besedia untuk dijadikan narasumber. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan paradigma kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis domain dan analisis taksonomi. Analisis domain yaitu alat yang digunakan untuk menganalisis gambaran-gambaran obyek penelitian secara umum, sedangkan analisis taksonomi yaitu analisis terhadap keseluruhan data yang terkumpul berdasarkan domain yang telah ditetapkan. Analisis taksonomi merupakan penjelasan dari analisis domain hingga tidak ada lagi bagian yang tersisa. Hasil penelitian menerangkan bahwa Roti Ceria Jember menerapkan enam basis inovasi produk yaitu meliputi, inovasi berbasi modulasi, inovasi berbasis ukuran, inovasi berbasis kemasan, inovasi berbasi desain, inovasi berbasis pengembangan bahan komplementer dan inovasi berbasis pengurangan upaya. Inovasi yang dilakukan oleh Roti Ceria yakni dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu, pertama informasi internal yaitu ide yang diperoleh dari dalam perusahaan, kedua informasi eksternal yaitu ide yang diperoleh dari luar perusahaan dan ketiga teknologi. Dalam menghasilkan produk agar diterima oleh konsumen Roti Ceria menekankan pada keenam basis inovasi produk, harga yang ekonomis serta produk yang berkualitas dan bervariasi sesuai dengan tag line Roti ceria yaitu “ murah, enak, fresh from the oven”, sehingga produk memiliki ciri khas dan mampu menarik minat konsumen dan mempertahankan pelanggannya. Itulah yang membuat Roti Ceria masih dapat menjaga keberlangsungan hidup usahanya hingga saat ini. Hal ini terbukti dengan daerah pemasarannya yang tidak hanya di viii Jember saja namun sudah memasuki kota lain seperti probolinggo, Situbondo, dan Banyuwangi. Saluran Distribusi yang dilakukan oleh Roti Ceria tidak hanya saluran distribusi secara langsung melalui outlet Roti Ceria , tetapi Roti Ceria juga mendistribusikan hasil produknya ke retail-retail yang menjadi mitra kerja dan juga secara online melalui web, facebook dan twitter.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66582
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5630]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail