dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bauran promosi pada
CV. Oyitalenta Primatama Jember. Obyek dalam penelitian ini adalah CV. Oyitalenta
Primatama. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik CV. Oyitalrnta Primatama
dan beberapa konsumen serta pelanggan yang bersedia untuk dijadikan narasumber.
Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat
analisis yang digunakan adalah analisis domain dan analisis taksonomi. Analisis
domain yaitu alat yang digunakan untuk menganalisis gambaran-gambaran obyek
penelitian secara umum, sedangkan analisis taksonomi yaitu teknis yang terfokus
pada domain-domain tertentu kemudian memilah domain tersebut menjadi sub-sub
domain serta bagian-bagian yang lebih khusus dan terperinci.
Hasil penelitian menerangkan bahwa bauran promosi yang digunakan oleh
CV. Oyitalenta Primatama yaitu melalui periklanan, promosi penjualan, penjualan
pribadi, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Kegiatan promosi ini
dilakukan melalui berbagai media promosi yaitu media cetak, media elektronik, dan
media luar ruangan. Perusahaan memiliki anggaran khusus untuk kegiatan promosi
meski jumlahnya tidak dapat dipastikan, setiap tahunnya berubah sesuai dengan
kebutuhan. Semua kegiatan promosi yang dilaksanakan CV. Oyitalenta primatama
berpengaruh positif terhadap perusahaan, hal ini bisa dibuktikan dengan terjadinya
peningkatan penjualan setiap tahunnya. Wilayah pemasaran CV. Oyitalenta juga
cukup luas, yaitu seluruh wilayah Kabupaten Jember, Banyuwangi, Situbondo,
Bondowoso, Lumajang, Probolinggo, dan beberapa kota di wilayah Jawa Timur
bahkan sudah sampai di Jawa Tengah.
Periklanan bertujuan untuk memberikan informasi, mengingatkan, dan
memperngaruhi konsumen. Periklanan dilakukan melalui brosur, koran (jawa pos,
ix
surya), dan papan nama. CV. Oyitalenta Primatama rutin mencetak brosur. Tetapi
untuk jumlah brosur yang tersebar setiap tahunnya tidak pasti karena perusahaan ini
mencetak sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya melalui brosur , perusahaan ini juga
pernah memilih media koran untuk iklan. Papan nama dan selebaran juga digunakan
sebagai media iklan, meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak.
Penjualan pribadi yang dilakukan pada CV. Oyitalenta Primatama melalui
tenaga salesman. CV. Oyitalenta Primatama memiliki istilah sendiri dalam
melaksanakan program penjualan pribadi, yaitu visitasi. Visitasi dilakukan untuk
menggali pasar lebih luas. Kegiatan visitasi dilakukan secara rutin, dalam satu
minggu minimal ada tiga kunjungan. Pemilik menjelaskan bahwa kegiatan tersebut
adalah kegiatan promosi yang paling berpengaruh signifikan terhadap perusahaan.
Promosi penjualan melalui potongan harga/diskon dan pameran. Potongan
harga diberikan kepada pelanggan untuk menarik minat pelanggan. Promosi
penjualan yang diberikan berupa diskon/potongan harga dengan syarat dan ketentuan
yang berbeda-beda sesuai dengan kebijakan yang diberikan perusahaan.
Hubungan masyarakat yang dilakukan oleh CV. Oyitalenta Primatama yaitu
dengan mensponsori kegiatan-kegiatan sekolah yang membutuhkan support produk
dari perusahaan dan kerjasama dengan studio foto dalam bidang pemotretan.
Hubungan masyarakat juga dilakukan untuk membangun kepercayaan dari instansi
dan sekolah untuk dapat selalu bekerjasama ketika ada kegiatan-kegiatan yang
membutuhkan produk perusahaan.
Kegiatan Promosi yang terakhir yaitu pemasaran langsung. Pemasaran
langsung dilakukan melalui telepon , sms, katalog, surat dan berbagai media sosial.
Dalam pemasaran langsung, komunikasi promosi ditujukan langsung kepada
konsumen CV. Oyitalenta Primatama, dengan tujuan agar pesan – pesan tersebut
ditanggapi konsumen yang bersangkutan, baik melalui telepon, pos atau dengan
datang langsung ke lokasi perusahaan. | en_US |