• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN PADA SYAFIA PLAZA JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Rona Kamaratih - 110910202043.pdf (2.978Mb)
    Date
    2015-12-05
    Author
    Kamaratih, Rona
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi bauran pemasaran pada Syafia Plaza Jember. Obyek penelitian ini adalah Syafia Plaza Jember. Informan dalam penelitian ini adalah Manajer Eksekutif Syafia Plaza, Supervisior Syafia Plaza, dan juga konsumen Syafia Plaza yang bersedia dijadikan narasumber. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan paradigm kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis domain dan analisis taksonomi. Analisis domain adalah alat yang digunakan untuk menganalisis gambaran-gambaran obyek penelitian secara umum sedangkan analisis taksonomi adalah analisis terhadap keseluruhan data yang terkumpul berdasarkan domain yang telah ditetapkan selanjutnya untuk diurai lebih rinci dan mendalam. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa Syafia Plaza Jember mengimplementasikan bauran pemasaran yang terdiri dari 4p, produk (product), harga (price), promosi (promotion), tempat atau distribusi (place). Produk-produk yang dijual di Syafia Plaza antara lain busana muslim wanita, pria, anak, perlengkapan sholat, perlengkapan haji, obat-obatan khas timur tengah, jam tangan, makanan khas timur tengah, barang-barang pecah belah khas timur tengah, parfum, dan accesories. Syafia memiliki produk dengan merek Syafia sendiri karena memiliki konveksi. Harga produk pada Syafia Plaza ada yang murah dan ada yang mahal sesuai dengan kualitas produk. Tujuan penetapan harga yaitu untuk memperoleh keuntungan dan meningkat volume penjualan. Syafia Plaza dalam menentukan harga menggunakan rumus dan juga melakukan survei pasar. Promosi yang dilakukan oleh Syafia Plaza yaitu promosi penjualan dengan memberikan diskon harga terhadap produk dan juga memberikan diskon harga terhadap pelanggan yang memiliki kartu member Syafia sebesar 5%. Melakukan periklanan dengan menyisipkan iklan pada buletin yang di bagikan kepada jamaah sholat jumat, ix serta mengunakan media internet facebook juga menggunakan blackberry massager. Penjualan pribadi dilakukan dengan datang langsung kepada target, target Syafia yaitu KBIH. Serta menjalin hubungan masyarakat untuk menjaga citra perusahaan dimata masyarakat, dengan departemen-departemen agama, pondok pesantren, dan juga KBIH. Tempat/ Distribusi (Place) Syafia Plaza berlokasi di Jalan Raya Sultan Agung No 21. Syafia mendistribusikan produk langsung kepada konsumen.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66578
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository