• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. SOEBANDI DI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Yayuk Isnaningtyas 01-619.pdf (23.89Mb)
    Date
    2015-12-04
    Author
    ISNANINGTYAS, YAYUK
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rumah Sakit sebagai salah satu sub sistem pelayanan kesehatan yang mempunyai misi memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soebandi merupakan salah satu rumah sakit di Jember yang memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat berupa rawat-jalan, rawat inap dan gawat darurat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1.) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (akses pelayanan, teknis pelayanan, interaksi interpersonal, pembiayaan) terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Umum Daerah Soebandi di Jember. (2.) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (akses pelayanan, teknis pelayanan, interaksi interpersonal, pembiayaan) terhadap kepuasan pasien yang paling dominan terhadap kepuasan pasien Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soebandi di Jember. Menurut Maslim dan Rossi Sanusi (2001; 131) kualitas pelayanan kesehatan adalah kualitas pelayanan yang menunjukkan tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan, dapat menimbulkan kepuasan setiap pasien. Kepuasan pasien merupakan suatu respon pemenuhan kebutuhan sebagai hasil penilaian (judgement) bahwa produk / jasa yang di berikan dapat menimbukan rasa loyalitas pasien. Metode penelitian yang menggunakan adalah metode diskiptif dan metode korelasi. Menurut Surnanto (1997:8). Data dikumpulkan melalui kuisioner sebagai data primer. Pengukuruan data mengunakan skala ordinal. Metode analisis yang digunakan adalah menggunakan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien RSUD Dr. Soebandi di Jember dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitihan ini menunjukkan ttabel = 1,658 akses pelayanan, teknis pelayanan, dan interaksi berpengaruh nyata terhadap kepuasan pasien, sedang pembiayaan yang berpengaruh tidak nyata terhadap kepuasan pasien. Adapun kualitas pelayanan yang memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap kepuasan pasien adalah akses pelayanan dengan thitung yang lebih besar dari pada lainnya yaitu 14,049
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66569
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12397]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository