• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN MASTERY LEARNING PADA SISWA KELAS III SDN KANIGARAN 1 PROBOLINGGO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Ratih N. K. Dewi.pdf (628.8Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Ratih Noor Kusuma Dewi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan mastery learning pada siswa kelas III semester ganjil SD Negeri Kanigaran 1 Probolinggo tahun pelajaran 20010/2011. (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan penerapan pembelajaran mastery learning pada kelas III semester ganjil SD Negeri Kanigaran 1 Probolinggo tahun pelajaran 20010/2011. ix Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Kanigaran 1 Probolinggo mulai tanggal 4 Oktober sampai 22 Oktober 2010. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas III. Jumlah siswa 30 orang, terdiri dari 12 lakilaki dan 18 perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, tes, observasi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Pada pra siklus , rata-rata hasil belajar siswa 64% dengan presentase ketuntasan belajar 47%, pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa 74 dengan presentase ketuntasan belajar siswa mencapai 73% dan pada silkus II rata-rata hasil belajar siswa 91 dengan presentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 100 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan mastery learning di kelas III SDN Kanigaran 1 berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus , rata-rata hasil belajar siswa 64% dengan presentase ketuntasan belajar 47%, pada siklus I persentase aktivitas siswa ( a p ) = 59%, yang tergolong cukup aktif dan siklus II persentase aktivitas siswa ( a p ) = 77%, yang tergolong aktif. (2) Pada penerapan pembelajaran mastery learning di kelas III SDN Kanigaran 1 diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 74 dengan presentase persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 73% pada siklus I dan siklus II rata-rata hasil belajar siswa 91 dengan presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 100%. Hal ini menunjukkan dengan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan mastery learning terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 27%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6654
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository