PENGARUH PERSEPSI STRUKTUR KEAMANAN, PERSEPSI REPUTASI DAN PERSEPSI UKURAN TERHADAP KEPERCAYAAN PEMBELI DI SISTEM E-COMMERCE KASKUS (Survey di Komunitas Kaskus Regional Jember)
Abstract
Electronic Commerce (E-Commerce) adalah penggunaan jaringan komputer
untuk melakukan penjualan dan pembelian barang, jasa atau informasi secara
elektronis dengan para suplier, konsumen atau kompetitor atau antar konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Struktur Keamanan,
Persepsi Reputasi dan Persepsi Ukuran terhadap Kepercayaan Pembeli di Sistem ECommerce
Kaskus.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dan menggunakan data primer
berupa opini atau argumentasi dari anggota Komunitas Kaskus regional Jember.
Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan
kriteria yaitu anggota dari Forum Komunitas Kaskus regional Jember yang pernah
melakukan pembelian secara online. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58
responden. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis
dengan metode regresi linier berganda. Hasil dari penelitian yang dilakukan
menunjukkan bahwa ketiga variabel independen (persepsi struktur keamanan,
persepsi reputasi, dan persepsi ukuran) terbukti berpengaruh secara statistik
signifikan terhadap kepercayaan pembeli di sistem e-commerce Kaskus.
Kata kunci: E-Commerce, Persepsi Struktur Keamanan, Persepsi Reputasi,
Persepsi Ukuran dan Kepercayaan Pembeli.