• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pelevelan Adversity Quotient (AQ) Siswa SMP Negeri 10 Jember dalam Memecahkan Masalah Matematika Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Segitiga dengan Menggunakan Tahapan Wallas;

    Thumbnail
    View/Open
    Kiky Floresta Bunga Kirana - 110210101019.pdf (7.077Mb)
    Date
    2015-12-04
    Author
    Kirana, Kiky Floresta Bunga
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah matematika adalah suatu kondisi atau objek yang memerlukan tindakan, penyelesaian atau langkah-langkah dalam menjawab soal yang memiliki aspek keterbukaan yaitu memiliki satu jawaban dengan banyak cara yaitu dengan tujuan untuk memunculkan kreativitas siswa dalam menjawab permasalahan. Kreativitas yang dimaksud adalah berdasarkan tahapan Wallas yaitu tahap persiapan, tahap inkubasi, tahap iluminasi, dan tahap verifikasi. Kecerdasan adalah kemampuan seseorang dalam merespon masalah yang dihadapi, baik secara kongkrit maupun abstrak, sehingga akan mengetahui sejauh apa tingkat pemahaman yang diperoleh dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Kecerdasan yang dimaksud adalah Adversity Quotient (AQ) yaitu kecerdasan mengatasi kesulitan. Adversity Quotient (AQ) terbagi menjadi 3 kategori, yaitu kategori tinggi (Climber), kategori sedang (Camper), dan kategori rendah (Quitter). Dikatakan climber jika memenuhi indikator AQ tinggi, dikatakan camper jika memenuhi indikator AQ sedang dan dikatakan quitter jika memenuhi indikator rendah. Pada penelitian ini dilakukan analisis pelevelan Adversity Quotient (AQ) dengan menggunakan tahapan Wallas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendeskripsian dilakukan dengan cara memberi gambaran mengenai pelevelan Adversity Quotient (AQ) dengan mengetahui usaha yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan permasalahan terbuka. Pengambilan subjek yang dilakukan yaitu berdasarkan tingkat kemampuan matematika, yang dilihat pada ix rata-rata nilai ulangan harian materi bangun datar yang telah dilakukan guru kelas. Selanjutnya dipilih 3 subjek yang merupakan subjek berkemampuan tinggi, sedang dan rendah yang jujur dan memiliki kemampuan komunikasi baik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan instrumen masalah matematika terbuka dan metode wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil tes dan hasil wawancara mendalam terhadap jawaban siswa. Setelah diperoleh data hasil wawancara kemudian dianalisis. S merupakan climber karena dapat melewati tahap persiapan disebabkan telah memenuhi indikatorindikator yang dijelaskan pada tahap persiapan. Kemudian S dapat melewati tahap inkubasi dikarenakan telah memenuhi indikator-indikator yang dijelaskan pada tahap inkubasi. S dapat melewati tahap iluminasi dikarenakan telah memenuhi indikatorindikator yang dijelaskan pada tahap iluminasi. S juga dapat melewati tahap verifikasi dikarenakan telah memenuhi indikator-indikator yang dijelaskan pada tahap verifikasi. Kemudian S merupakan camper karena dapat melewati tahap persiapan, tahap inkubasi dan tahap iluminasi dikarenakan telah memenuhi indikator yang terdapat tersebut. S juga dapat melewati tahap verifikasi, tetapi usaha yang dilakukan tidak maksimal, S cukup puas dengan apa yang telah didapat dan tidak ada kemauan untuk menyelesaikan permasalahan dengan cara lain, sehingga memenuhi indikator-indikator AQ sedang yang telah dijabarkan di tahap verifikasi. S merupakan quitter karena dapat melewati tahap persiapan dan inkubasi disebabkan telah memenuhi indikator-indikator yang telah dijabarkan di tahap tersebut. Tetapi, S tidak dapat melewati tahap iluminasi dan verifikasi sehingga memenuhi indikator-indikator AQ rendah yang telah dijabarkan di tahap iluminasi dan verifikasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66510
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15276]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository