PENGARUH INOVASI PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA DISTRO KLANROCK HOUSE CONCEPT STORE DI JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi Terhadap
Keputusan Pembelian Pada Distro Klanrock House Concept Store di Jember”.
Perkembangan distro sangat erat kaitannya dengan kreatifitas anak muda dalam
mendesain produk untuk komunitasnya sendiri. Distro tidak bisa lepas dari kreatifitas
dan komunitas, sehingga mereka rajin membuat desain produk baru dan melakukan
kegiatan promosi yang berhubungan dengan komunitasnya
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh Inovasi
Produk (X1) dan Promosi (X2) secara parsial dan simultan terhadap Keputusan
Pembelian (Y) pada Distro Klanrock House Concept Store di Jember. Tipe penelitian
yang digunakan adalah penelitian eksplanatori atau penelitian penjelasan dengan
pendekatan kuantitatif, yaitu menjelaskan pengaruh antara inovasi produk dan
promosi terhadap keputusan pembelian. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen
distro Klanrock yang datang dan melakukan pembelian dengan jumlah sampel
sebesar 49 responden. Teknik analisis yang digunakan yaitu, uji validitas, uji
relibialitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t dan uji F
dengan alat bantu SPSS.
Hasil pengujian koefisien dari analisis regresi linear berganda menunjukkan
bahwa: 1) Inovasi Produk (X1) secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan
Pembelian (Y) pada Distro Klanrock House Concept Store di Jember; 2) Promosi
(X2) secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Distro
Klanrock House Concept Store di Jember; Inovasi Produk (X1), dan Promosi (X2)
secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Distro Klanrock
ix
House Concept Store di Jember; 3) Inovasi Produk (X1), dan Promosi (X2) secara
simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Distro Klanrock
House Concept Store di Jember