Show simple item record

dc.contributor.advisorHobri
dc.contributor.advisorSetiawan, Toto’ Bara
dc.contributor.authorPutrianingsih, Karina Siti
dc.date.accessioned2015-12-04T08:31:53Z
dc.date.available2015-12-04T08:31:53Z
dc.date.issued2015-12-04
dc.identifier.nim110210101039
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66506
dc.description.abstractPembelajaran matematika dilaksanakan dengan tujuan peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berpikir, bernalar, serta menyalurkan pemikiran seharihari kearah pemikiran yang lebih teknis dan ilmiah dalam memecahkan atau menyelesaikan soal matematika. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah (problem solving) menjadi tujuan utama dalam pembelajaran matematika. Penyelesaian soal cerita matematika adalah salah satu bentuk dari pemecahan masalah yang menjadi suatu bagian dari proses berpikir. Untuk menyelesaikan soal cerita matematika siswa perlu mengelola pikirannya dengan baik yakni memanfaatkan pengetahuan yang sudah dimiliki, mengontrol dan mereflekasi proses dari hasil berpikirnya sendiri, karena apa yang dipikirkan dapat membantunya dalam menyelesaikan soal. Kesadaran akan proses berpikirnya ini yang disebut dengan metakognisi. Metakognisi dapat berperan dalam membantu siswa menyelesaikan soal yang ada, karena metakognisi memungkinkan siswa melakukan perencanaan, memprediksi, memantau proses berfikirnya dan mengevaluasi hasil belajarnya. Pada penelitian ini dilakukan analisis keterampilan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang didahului dengan pengembangan instrumen tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Pendeskripsian pada penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan gambaran mengenai kelengkapan keterampilan metakognisi yang dimiliki siswa dalam pemecahan masalah soal cerita pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan kemampuan pemecahan ix masalah matematikanya. Instrumen yang digunakan adalah tes pemecahan masalah berbentuk soal cerita, pedoman wawancara, serta lembar validasi tes dan lembar validasi pedoman wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode wawancara. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis adalah data hasil tes pemecahan masalah dan hasil wawancara mendalam mengenai kelengkapan keterampilan metakognisi siswa berdasarkan jawaban dari soal tes siswa. Berdasarkan data hasil validasi tes yakni validasi isi dan konstruksi dengan beberapa komponen penguji, maka diperoleh bahwa tes tersebut valid dengan koefisien kevalidan 4,67. Maka soal tes tersebut dapat digunakan dengan beberapa revisi sesuai dengan saran revisi yang telah diberikan validator. Setelah dilakukan uji validitas, kemudian dilakukan revisi terhadap tes. Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas terhadap tes yang telah direvisi. Hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa testersebut memiliki koefisien reliabilitas 0,5375. Kategori reliabilitas tes tersebut adalah sedang. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas yang telah dilakukan, maka tes tersebut dikatakan valid dan reliabel. Sehingga soal tes pemecahan masalah terbuka dapat digunakan untuk penelitian. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat diketahui bahwa ketercapaian tahap keterampilan metakognisi siswa kelas X IPA 2 di SMA Negeri 3 Jember pada tahap keterampilan perencanaan, keterampilan prediksi, keterampilan monitoring dan keterampilan evaluasi berturut-turut sebesar 48,64%, 43,24%, 51,35% dan 78,37%. Artinya, tahap yang paling tinggi dicapai siswa adalah tahap evaluasi yaitu sebesar 78,37%, sementara tahap yang paling sulit dipenuhi oleh siswa adalah keterampilan prediksi karena dari 37 siswa yang mengikuti tes hanya 16 siswa yang memenuhi keterampilan prediksi dengan tepat.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKeterampilan Metakognisien_US
dc.titleAnalisis Keterampilan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X IPA 2 di SMA Negeri 3 Jember;en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record