HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN MINIMARKET ALFAMART BRAWIJAYA JEMBER
Abstract
Perkembangan bisnis di Indonesia menunjukkan bahwa setiap pelaku usaha
atau perusahaan harus menghadapi persaingan yang sangat ketat dan semakin
kompetitif. Keberhasilan perusahaan dalam mencapai tujuan tergantung dari
kemampuan perusahaan terutama manajemen dalam menjalankan usahanya. Salah
satunya adalah dengan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, hal ini
disebabkan karena kualitas pelayanan merupakan kunci bagi perusahaan untuk tetap
eksis dalam menghadapi persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisis dimensi kualitas layanan berhubungan dengan kepuasan konsumen di
Minimarket Alfamart Brawijaya Jember
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan klasifikasi
penelitian berdasarkan tujuan, yaitu eksplanasi. Penelitian dilakukan pada
Minimarket Alfamart Brawijaya Jember. Pada penelitian ini populasinya adalah
seluruh konsumen Minimarket Alfamart Brawijaya Jember. Besarnya sampel
dihitung berdasarkan pendapat Roscue (dalam Sugiono 2008:129) . Dalam
pelaksanaannya, penelitian ini mengunakan teknik accidental sampling. Data
dianalisis dengan korelasi Rank Spearman .
Hasil analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi Rank Spearman (rs)
sebesar 0,632, t hitung sebesar 7.340 dan t tabel 0,05 = 2.00172. Ini berarti
bahwa pada taraf signifikansi 0,05, maka Ho ditolak dan H1 artinya terdapat
hubungan antara kualitas layanan dengan kepuasaan konsumen dengan nilai rs
sebesar 0,632, maka menurut aturan Guilford berarti korelasi cukup erat. Hal ini
mendukung adanya temuan bahwa dengan adanya peningkatan atau perbaikan pada
layanan maka meningkatkan adanya kepuasan pelanggannya.