PEMASARAN PRODUK TERASI Hj. ARIYATUN KHAS PUGER KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemasaran produk Terasi Hj. Ariyatun Khas Puger Kabupaten. Obyek penelitian ini adalah Terasi Hj. Ariyatun Puger. Informan dalam penelitian ini adalah Pemilik Terasi Hj. Ariyatun, karyawan, pesaing, pemasok bahan baku udang yang di pakai dalam pembuatan terasi udang dan konsumen yang bersedia dijadikan narasumber. Jenis penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan paradigm kualitatif. Alat analisis yang digunakan adalah analisis domain dan taksonomi. Analisis domainadalah alat yang digunakan untuk menganalisis gambaran-gambaran obyek penelitian secara umum sedangkan analisis taksonomi adalah analisis terhadap keseluruhan data yang terkumpul berdasarkan domain yang telah ditetapkan selanjutnya untuk diurai lebih rinci dan mendalam.
Kabupaten Jember merupakan salah satu Kabupaten yang terkenal dengan kekayaan hasil laut, salah satunya adalah udang. Kecamatan Puger merupakan daerah penghasil ikan dan udang yang sangat potensial. Terasi Hj. Ariyatun merupakan salah satu usaha yang mengolah udang jeruk menjadi terasi. khususnya terasi yang berbahan udang jeruk asli. Persaingan antar usaha terasi udang di Puger yang semakin ketat tentu membuat terasi Hj. Ariyatun menerapkan strategi pemasaran. Salah satu penerapan strategi pemasarannya yaitu dengan menggunakan strategi pemasaran 4P (Marketing Mix), Produk (Product), Harga (Price), Distribusi (Distribution), Promosi (Promotion). Produk yang dijual oleh Terasi Hj. Ariyatun adalah terasi khas yang diolah secara tradisional dengan bahan baku udang jeruk asli. Harga terasi udang yang diproduksi terasi Hj. Ariyatun relative lebih murah dibandingkan dengan terasi Puger lainnya. Tujuan penetapan harga yaitu untuk memperoleh keuntungan dan meningkatkan volume penjualan. Terasi Hj. Ariyatun menentukan harga berdasarkan survey pasar dan harga pedagang terasi yang ada di Puger. Distribusi yang dilakukan oleh terasi Hj.
ix
Ariyatun awalnya mengedarkan produk terasi ke Pasar yang ada dikawasan Kabupaten Jember, namun saat ini terasi Hj. Ariyatun lebih memilih menjual di tempat produksi sehingga konsumen datang sendiri dan bisa melihat secara langsung proses pembuatan terasi. Promosi yang dilakukan oleh terasi Hj. Ariyatun menggunakan promosi dari mulut ke mulut, promosi ini dianggap lebih efektif dan efisien. Penjualan secara online saat ini juga dimanfaatkan oleh perusahaan agar penjualan produk semakin meningkat, dan semakin memudahkan konsumen untuk membeli produk terasi.