Alternatif Strategi Bauran Pemasaran Pada PT. Indofarma Global Medika Cabang Jember
Abstract
Penelitian ini berjudul “Alternatif Strategi Bauran Pemasaran Pada PT.
Indofarma Global Medika Cabang Jember”. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, posisi dalam Matriks
IE, Matriks Space, Matriks SWOT, serta untuk mengetahui alternatif strategi
pemasaran terhadap penjualan PT. Indofarma Global Medika cabang Jember.
Populasi dalam penelitian ini adalah pimpinan, pesaing dan konsumen PT.
Indofarma Global Medika secara umum. Metode sampling yang digunakan adalah
purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 8 orang. Alat analisis yang
digunakan adalah Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel
lingkungan internal yang menjadi kekuatan dari penelitian ini, yaitu produk,
hubungan kerjasama, harga, dan saluran distribusi. Sedangkan kelemahannya
adalah produk, sumber daya manusia, dan promosi, variabel lingkungan eksternal
yang merupakan peluang adalah teknologi, lingkungan sosial dan budaya,
kebersamaan pasar dan kesamaan sumber daya, persaingan antar perusahaan
saingan. Sedangkan ancamannya adalah potensi masuknya pesaing baru dan daya
tawar pemasok, posisi strategis PT. Indofarma Global Medika pada matriks IE
adalah grow and develop (tumbuh dan berkembang), dalam matriks space berada
pada profil agresif, dalam matriks SWOT adalah strategi SO, WO, ST, WT, saling
berhubungan. Alternatif strategi pada PT. Indofarma Global Medika cabang
Jember adalah penetrasi pasar (market penetration), pengembangan pasar (market
development), pengembangan produk (product development).
Collections
- MT-Management [539]