• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Segiempat di Kelas VII Semester Genap MTs Az-Zainiyah 1 Randumerak Probolinggo Tahun Ajaran 2014/2015,

    Thumbnail
    View/Open
    Siska Rahayu - 100210101098.pdf (15.44Mb)
    Date
    2015-12-04
    Author
    Rahayu, Siska
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) selalu menyajikan masalah dalam kehidupan nyata atau sebenarnya, model pembelajaran ini membawa siswa dalam proses menemukan dan juga menyelidiki. Dalam penelitian ini, siswa diikutsertakan langsung dalam mengorientasikan materi dengan kehidupan sehari-hari dengan cara menyelesaikan masalah yang disediakan dalam LKS, sehingga siswa bisa dengan mudah menemukan dan memahami konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal yang dijumpai dalam proses pembelajaran, sikap siswa, kreativitas siswa serta persentase peningkatan ketuntasan belajar siswa apabila diterapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pengambilan data dilakukan di MTs Az-Zainiyah 1 Randumerak Probolinggo pada tanggal 19 Januari 2015-30 Januari 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Berdasarkan wawancara dengan guru bidang studi hasil belajar siswa pada semester gasal kurang memuaskan dalam pemahaman materi garis dan sudut, banyak siswa yang tidak tuntas dalam tes akhir pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pokok bahasan Segiempat dapat membantu meningkatkan kreativitas dan ketuntasan hasil belajar siswa terhadap materi yang dipelajari. Dengan meminta langsung siswa untuk menemukan penyelesaian masalah dapat membuat siswa lebih aktif dalam mengikuti pelajaran. Hal–hal yang dijumpai ix dalam proses pembelajaran ini adalah pada fase mengarahkan siswa kepada masalah dan mengorganisasi siswa untuk belajar siswa cenderung termotivasi untuk bertanya dan menjawab pertanyaan mengenai masalah, pada fase membantu independent dan group investigation siswa dapat bekerjasama dengan anggota kelompoknya, namun pada fase ini membutuhkan waktu yang cukup panjang sehingga mengurangi waktu pada fase-fase yang lain, pada fase mengembangkan dan mempresentasikan artifact dan exhibits tidak semua siswa kelompok memiliki kesempatan untuk menyajikan hasil diskusi karena waktu yang tersedia tidak mencukupi, sedangkan pada fase menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah siswa dapat menyimpulkan permasalahan dengan baik. Perbaikan yang dilakukan yaitu mengatur waktu dengan baik supaya semua fase dapat terlaksana dengan baik dan siswa dapat memahami materi sesuai dengan tujuan pembelajaran Dari hasil analisis data diperoleh bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi segiempat berjalan dengan baik, serta dapat meningkatkan Kreativitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada kreativitas pada pembelajaran 1 sampai 4 presentase kreativitas 71,72%, 80,9%, 84,7%, 70,8%. Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Segiempat terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat ditunjukkan dari persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus 1 mencapai 62%, 8 siswa yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus 2 persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 76,1%, 6 siswa yang tidak tuntas. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan Kreativitas siswa serta ketuntasan hasil belajar siswa khususnya pada materi Segiempat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66473
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository