Show simple item record

dc.contributor.advisorSubiki
dc.contributor.advisorSudarti
dc.contributor.advisorBektiarso, Singgih
dc.contributor.advisorGani, Agus Abdul
dc.contributor.authorChita, Yunnis Rey
dc.date.accessioned2015-12-04T06:48:55Z
dc.date.available2015-12-04T06:48:55Z
dc.date.issued2015-12-04
dc.identifier.nim070210192054;
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66459
dc.description.abstractFisika adalah bidang studi yang istimewa karena fisika menawarkan penjelasan mengapa dan bagaimana fenomena alam terjadi. Namun keistimewaan fisika sering tidak terlihat karena pembelajarannya yang bersifat monoton dengan hadirnya rumus-rumus yang membuat fisika semakin terasa sulit. Padahal rumusrumus tersebut hanyalah bentuk penyederhanaan pernyataan dari fenomena yang terjadi di alam. Akibatnya, motivasi siswa menjadi rendah sehingga mengakibatkan rendahnya nilai hasil belajar. Pembelajaran fisika seharusnya dirancang dan dikemas secara inovatif agar kreativitas dan seluruh potensi siswa dapat disalurkan, pembelajaran menjadi berwarna dan motivasi siswa meningkat. Sehingga berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang inovatif adalah model pembelajaran Inkuiri. Model pembelajaran Inkuiri siswa didorong untuk belajar melalui keterlibatan aktif dan mengadakan suatu penelitian (percobaan) untuk menemukan suatu penemuan tertentu. Melalui inkuiri memacu siswa untuk mengetahui serta memotivasi siswa untuk memecahkan masalah secara mandiri dan memiliki keterampila kritis dalam menganalisis informasi. Inkuiri memberikan kepada siswa pengalaman-pengalaman belajar yang nyata dan aktif. siswa dilatih bagaimana cara memecahkan masalah, membuat keputusan, dan memperoleh keterampilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengkaji hasil belajar fisika siswa kelas X MA Al-Hidayah dengan menggunakan model inkuiri disertai metode outbond. viii Daerah penelitian ini adalah MA Al-Hidayah Jember yang ditentukan dengan metode purposive sampling area. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji one way-ANOVA menggunakan SPSS 16. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X A dan X C yang ditentukan dengan metode cluster random sampling dengan teknik undian. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data peningkatan hasil belajar kognitif produk siswa dianalisis dengan Independent Samples T-Test pada SPSS 16. Berdasarkan analisis data peningkatan hasil belajar kognitif produk dinyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain, Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran Inkuiri disertai Outbond dengan model pembelajaran yang digunakan guru. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran Inkuiri disertai outbond dengan model pembelajaran yang biasa digunakan guru pada pembelajaran fisika di MA Al-Hidayah Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectModel Inkuirien_US
dc.titlePengaruh Model Inkuiri disertai Metode Outbond Terhadap hasil Belajar Siswa MA Al-Hidayah Jember;en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record