• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script Dengan Metode Praktikum Terhadap Kemampuan Multirepresentasi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember;

    Thumbnail
    View/Open
    Imam Fatkhurofi (07-2035).pdf (11.26Mb)
    Date
    2015-12-04
    Author
    Fatkhurofi, Imam
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang dapat mengembangkan kemampuan berfikir analisis dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peristiwa alam sekitar. Dalam menciptakan suatu pengajaran yang efektif pada pembelajaran fisika diperlukan model pembelajaran yang dapat memproses informasi serta dapat menanamkan sikap aktif dalam menyelesaikan permasalahan fisika yang relevan dengan kehidupan sehari-hari tanpa mengesampingkan hakikat belajar fisika. Model pembelajaran kooperatif tipe script dengan metode praktikum adalah salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan hakikat fisika yang didalamnya ada penyimpulan pembentukan konsep secara metode ilmiah sehingga dapat memberikan penguasaan fisika kepada siswa secara multirepresentasi yaitu secara representasi verbal, matematik, grafik dan gambar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi verbal pada mata pelajaran fisika kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. (2) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi pada mata pelajaran fisika kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. (3) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi grafik pada mata pelajaran fisika kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. (4) Mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi gambar pada mata pelajaran fisika kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. viii Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember kelas X. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menyelesaikan rumusan masalah menggunakan Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi verbal, matematik, grafik dan gambar. Hal ini dapat dilihat pada hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikan pada setiap kemampuan representasi yaitu < 0,05 dan itu artinya adalah ada pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe script dengan metode praktikum dalam pembelajaran fisiska berbasis multirepresentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi verbal fisika siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi matematik fisika siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. (3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi grafik fisika siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember. (4) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Script dengan metode praktikum terhadap kemampuan representasi gambar fisika siswa kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66458
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository