dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas 4B SDN Baratan 01 Jember pada materi Penjumlahan Pecahan
Berpenyebut Tidak Sama melalui penerapan model Cooperative Learning tipe
STAD. Penelitian ini dilakukan di SDN Baratan 01 Jember pada semester genap.
Subjek penelitian yang diambil yaitu seluruh siswa kelas 4B SDN Baratan 01
Jember tahun ajaran 2010/2011, sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 19 laki-laki
dan 19 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, dan
metode dokumentasi, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas
guru dan siswa selama pembelajaran, hasil tes, serta daftar nama dan nilai ulangan
harian siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami
peningkatan dalam setiap aspeknya. Aspek memperhatikan presentasi materi dari
guru mencapai 80,2%. Aspek bertanya kepada guru/teman kelompok mencapai
76,3 %. Aspek menjawab pertanyaan dari guru/teman kelompok mencapai 74,5
%. Aspek melakukan kerja sama dengan kelompok dalam menyelesaikan LKK
mencapai 80,7%. Aspek mengerjakan soal (kuis) mencapai 92,1%.
Ketuntasan belajar siswa secara klasikal berdasarkan hasil tes akhir
mengalami peningkatan sebesar 10,53%. Pada siklus 1 mencapai 73,68%
tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Pada siklus 2
ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84,21%. Dengan demikian stándar
ketuntasan belajar secara klasikal dalam penelitian ini telah terpenuhi sehingga
penelitian hanya dilakukan sebanyak 2 siklus.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan model Cooperative
Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan
aktifitas dan hasil belajar siswa kelas 4B SDN Baratan 01 Jember pada Materi
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama. | en_US |