Show simple item record

dc.contributor.authorRAIS
dc.date.accessioned2013-12-09T04:13:12Z
dc.date.available2013-12-09T04:13:12Z
dc.date.issued2013-12-09
dc.identifier.nimNIM070210204008
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6643
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 4B SDN Baratan 01 Jember pada materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama melalui penerapan model Cooperative Learning tipe STAD. Penelitian ini dilakukan di SDN Baratan 01 Jember pada semester genap. Subjek penelitian yang diambil yaitu seluruh siswa kelas 4B SDN Baratan 01 Jember tahun ajaran 2010/2011, sebanyak 38 siswa yang terdiri dari 19 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran, hasil tes, serta daftar nama dan nilai ulangan harian siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dalam setiap aspeknya. Aspek memperhatikan presentasi materi dari guru mencapai 80,2%. Aspek bertanya kepada guru/teman kelompok mencapai 76,3 %. Aspek menjawab pertanyaan dari guru/teman kelompok mencapai 74,5 %. Aspek melakukan kerja sama dengan kelompok dalam menyelesaikan LKK mencapai 80,7%. Aspek mengerjakan soal (kuis) mencapai 92,1%. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal berdasarkan hasil tes akhir mengalami peningkatan sebesar 10,53%. Pada siklus 1 mencapai 73,68% tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Pada siklus 2 ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 84,21%. Dengan demikian stándar ketuntasan belajar secara klasikal dalam penelitian ini telah terpenuhi sehingga penelitian hanya dilakukan sebanyak 2 siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan model Cooperative Learning tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas 4B SDN Baratan 01 Jember pada Materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204008;
dc.subjectSTAD (Student Teams Achievement Division), penjumlahan pecahan,en_US
dc.titlePENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA PADA SISWA KELAS 4B SDN BARATAN 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record