ANALISIS PENGARUH KOMUNITAS ATAU NON KOMUNITAS MUSIK SERTA KESADARAN MEREK TERHADAP MINAT MEMBELI MERCHANDISE LUMAJANG ROCK COMMUNITY
Abstract
Lumajang Rock Community (LRC) merupakan wadah komunikasi musisi pencinta rock khususnya di kota pisang Lumajang. LRC satu-satunya komunitas musik rock terbesar di Lumajang karena sudah mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah Lumajang. Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menganilisis pengaruh pengaruh Komunitas Atau Non Komunitas Musik Serta Kesadaran Merek Terhadap Minat Membeli Merchandise Lumajang Rock Community.
Populasi dari penelitian ini adalah masyarakat yang merupakan anggota maupun bukan anggota komunitas musik di wilayah perkotaan Kabupaten Lumajang.. Sampel yang terpilih sebanyak 50 responden yang tersebar di tiga kecamatan di kabupaten Lumajang, yaitu kecamatan Yosowilanun, Pasirian dan Lumajang. Metode sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda (dengan Variabel Dummy).
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa komunitas atau non komunitas musik berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membeli. Hal ini berdasarkan hasil pengujian Regresi Linier Berganda dengan Variabel Dummy yang menunjukkan bahwa hipotesis pertama yang menyatakan bahwa komunitas atau non komunitas musik berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membeli merchandise Lumajang Rock Community terbukti. Hasil ini dapat diartikan bahwa jika persepsi akan komunitas atau non komunitas musik meningkat, maka akan meningkatkan minat membeli merchandise Lumajang Rock Community, sebaliknya jika persepsi akan komunitas atau non komunitas musik menurun maka akan menurunkan minat membeli merchandise Lumajang Rock Community.
Top of mind berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membeli. Hal ini berdasarkan hasil pengujian Regresi Linier Berganda dengan Variabel Dummy yang menunjukkan bahwa hipotesis kedua yang menyatakan bahwa Top of mind berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membeli merchandise Lumajang Rock Community terbukti. Hasil ini dapat diartikan bahwa jika persepsi akan Top of mind meningkat, maka akan meningkatkan minat membeli merchandise Lumajang Rock Community, sebaliknya jika persepsi akan Top of mind menurun maka akan menurunkan minat membeli merchandise Lumajang Rock Community.
Brand recall berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membeli. Hal ini berdasarkan hasil pengujian Regresi Linier Berganda dengan Variabel
x
Dummy yang menunjukkan bahwa hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa Brand recall berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membeli merchandise Lumajang Rock Community terbukti. Hasil ini dapat diartikan bahwa jika persepsi akan Brand recall meningkat, maka akan meningkatkan minat membeli merchandise Lumajang Rock Community, sebaliknya jika persepsi akan Brand recall menurun maka akan menurunkan minat membeli merchandise Lumajang Rock Community.
Brand recognition berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membeli. Hal ini berdasarkan hasil pengujian Regresi Linier Berganda dengan Variabel Dummy yang menunjukkan bahwa hipotesis keempat yang menyatakan bahwa Brand recognition berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membeli merchandise Lumajang Rock Community terbukti. Hasil ini dapat diartikan bahwa jika persepsi akan Brand recognition meningkat, maka akan meningkatkan minat membeli merchandise Lumajang Rock Community, sebaliknya jika persepsi akan Brand recognition menurun maka akan menurunkan minat membeli merchandise Lumajang Rock Community.