FAKTOR PSYCHOGRAFIS MAHASISWA UNIVERSITAS JEMBER DALAM PEMBELIAN MAKANAN CEPAT SAJI CHICKEN BEZT FRIED CHICKEN (C’BEZT) KOTA JEMBER
Abstract
Era globalisasi saat ini telah mempengaruhi nilai-nilai budaya bangsa Indonesia dan secara perlahan menggeser nilai-nilai yang telah ada. Perkembangan teknologi informasi memudahkan masyarakat dalam mengakses nilai-nilai dari budaya asing. Contoh dari wujud kebudayaan yang dihasilkan dengan adanya teknologi informasi adalah kebudayaan populer atau pop culture. Salah satu contoh dari berkembangnya pop culture di Indonesia adalah dengan munculnya restoran makanan cepat saji atau restoran franchise. Salah satunya adalah restoran Chicken Bezt Fried Chicken (C’Bezt). Restoran ini merupakan sebuah restoran franchise yang menawarkan makanan cepat saji dan membuka cabang salah satunya berada di Jalan Kalimantan Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor psychografis mahasiswa Universitas Jember dalam pembelian makanan cepat saji Chicken Bezt Fried Chicken (C’Bezt) Kota Jember.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara (interview) dengan menggunakan pedoman wawancara dan dokumentasi berupa foto-foto. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan metode Snowball Sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini melalui empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dimana faktor psychografis mahasiswa Universitas Jember dalam melakukan pembelian adalah dari segi harga yang terjangkau, cita rasa produk yang baik, pelayanan karyawan yang bagus, kebersihan restoran yang terjaga, menu yang bervariasi, kepuasan tercapai, dan akan melakukan pembelian ulang di masa depan. Faktor psychologis yang lebih dominan yaitu motivasi dan pembelajaran