• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERSEORANGAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 Mata Pelajaran Ekonomi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)

    Thumbnail
    View/Open
    Barrotut Taqiyah_1.pdf (145.7Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    Barrotut Taqiyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru ekonomi dan siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 ditemukan adanya permasalahan yaitu metode guru kurang bervariasi dalam mengajar. Aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 cenderung rendah pada saat proses pembelajaran, serta hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas-kelas yang lain yaitu sebesar 57.14%. Permasalahan-permasalahan tersebut perlu dicarikan solusinya, salah satu cara untuk mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu dengan pemilihan keterampilan mengajar yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan proses penerapan keterampilan kelompok kecil dan perseorangan di kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 pada mata pelajaran Ekonomi semester ganjil tahun ajaran 2011/2012; (2) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan keterampilan kelompok kecil dan perseorangan di kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 pada mata pelajaran Ekonomi materi semester ganjil tahun ajaran 2011/2012 Salah satu keterampilan mengajar yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan. Pengajaran kelompok kecil dan perseorangan memungkinkan guru memberikan perhatian terhadap setiap siswa serta terjadinya hubungan yang lebih akrab antara guru dan siswa maupun antara siswa dengan siswa. Adakalanya siswa lebih mudah belajar dari temanya sendiri, ada pula siswa yang lebih mudah belajar karena harus mengajari atau melatih temannya sendiri. Dalam hal ini pengajaran kelompok kecil dan perseorangan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Pengajaran ini memungkinkan siswa belajar lebih aktif, memberikan rasa tanggung jawab yang lebih besar, berkembangnya daya kreatif dan sifat kepemimpinan pada siswa, serta dapat memenuhi kebutuhan siswa secara optimal. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi yaitu seluruh siswa kelas XI IPS 2 semester ganjil di MAN Jember 1 sebanyak 42 siswa, dengan berdasarkan atas permasalahan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini dilaksanakan dimulai dari tanggal 16 - 23 November 2011, pada hari Rabu pukul 11.45 - 12.15. Sumber data yang akan diperoleh dari penelitian ini yaitu sumber data primer. Data primer diperoleh selama proses tindakan berlangsung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana pada setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Siklus II dilaksanakan jika pada siklus I hasil dari penelitian belum mencapai target yang diinginkan. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan penelitian. Hasil dari analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu (1) dengan menerapkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan aktivitas belajar siswa pada siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 mata pelajaran ekonomi semester ganjil 2011/2012 mengalami peningkatan yaitu dengan skor ratarata aktivitas belajar siswa sebesar 78.87% yang termasuk dalam kategori aktif, (2) dengan menerapkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan hasil belajar siswa pada siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 mata pelajaran ekonomi semester ganjil 2011/2012 mengalami peningkatan secara klasikal mencapai 92.85%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6640
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository