PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN KETERAMPILAN MENGAJAR KELOMPOK KECIL DAN PERSEORANGAN (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 Mata Pelajaran Ekonomi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2011/2012)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru ekonomi dan siswa
kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 ditemukan adanya permasalahan yaitu metode guru
kurang bervariasi dalam mengajar. Aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 cenderung
rendah pada saat proses pembelajaran, serta hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 masih
tergolong rendah dibandingkan dengan kelas-kelas yang lain yaitu sebesar 57.14%.
Permasalahan-permasalahan tersebut perlu dicarikan solusinya, salah satu cara untuk
mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran yaitu dengan pemilihan
keterampilan mengajar yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk
mendeskripsikan proses penerapan keterampilan kelompok kecil dan perseorangan di
kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 pada mata pelajaran Ekonomi semester ganjil tahun
ajaran 2011/2012; (2) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui
penerapan keterampilan kelompok kecil dan perseorangan di kelas XI IPS 2 MAN
Jember 1 pada mata pelajaran Ekonomi materi semester ganjil tahun ajaran
2011/2012
Salah satu keterampilan mengajar yang tepat untuk mengatasi masalah
tersebut adalah keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan. Pengajaran
kelompok kecil dan perseorangan memungkinkan guru memberikan perhatian
terhadap setiap siswa serta terjadinya hubungan yang lebih akrab antara guru dan
siswa maupun antara siswa dengan siswa. Adakalanya siswa lebih mudah belajar dari
temanya sendiri, ada pula siswa yang lebih mudah belajar karena harus mengajari
atau melatih temannya sendiri. Dalam hal ini pengajaran kelompok kecil dan
perseorangan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Pengajaran ini memungkinkan
siswa belajar lebih aktif, memberikan rasa tanggung jawab yang lebih besar,
berkembangnya daya kreatif dan sifat kepemimpinan pada siswa, serta dapat
memenuhi kebutuhan siswa secara optimal.
Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi yaitu seluruh
siswa kelas XI IPS 2 semester ganjil di MAN Jember 1 sebanyak 42 siswa, dengan
berdasarkan atas permasalahan aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini
dilaksanakan dimulai dari tanggal 16 - 23 November 2011, pada hari Rabu pukul
11.45 - 12.15. Sumber data yang akan diperoleh dari penelitian ini yaitu sumber data
primer. Data primer diperoleh selama proses tindakan berlangsung. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, wawancara, dan
dokumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua
siklus dimana pada setiap siklusnya terdiri dari satu kali pertemuan. Siklus II
dilaksanakan jika pada siklus I hasil dari penelitian belum mencapai target yang
diinginkan. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas
dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang
diperoleh dari hasil pelaksanaan penelitian.
Hasil dari analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan yaitu (1)
dengan menerapkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan
aktivitas belajar siswa pada siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 mata pelajaran
ekonomi semester ganjil 2011/2012 mengalami peningkatan yaitu dengan skor ratarata
aktivitas belajar siswa sebesar 78.87% yang termasuk dalam kategori aktif, (2)
dengan menerapkan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan hasil
belajar siswa pada siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 mata pelajaran ekonomi
semester ganjil 2011/2012 mengalami peningkatan secara klasikal mencapai 92.85%.