INOVASI PRODUK KUE BAKIAK PADA PERUSAHAAN INDUSTRI RUMAH TANGGA ANISA BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui inovasi produk kue bakiak pada perusahaan industri rumah tangga ANISA Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan paradigma kualitatif. Perusahaan industri rumah tangga ANISA Banyuwangi merupakan perusahaan industri yang bergerak di bidang produk makanan ringan yang berupa kue bakiak. Makanan ringan memang peluang usaha kuliner yang fleksibel dari segi segmen pasarnya. Tidak hanya sebagai oleh-oleh saja, namun makanan ringan bisa menjadi teman sehari-hari menjalankan aktivitas atau jajanan anak-anak. Meski terkadang harga makanan ringan ini memang cukup murah namun jika ditelateni akan mendatangkan keuntungan yang besar.
Pada prinsipnya perusahaan industri rumah tangga Anisa Banyuwangi telah melaksanakan inovasi produk pada kue bakiak yang diproduksinya. Pelaksanaan inovasi yang dilakukan adalah dengan melakukan proses inovasi pada modifikasi produk yaitu pada proses pengembangan dan peragaman produk. Elemen produk yang diinovasi adalah bahan komplementer, ukuran, dan kemasan. Rasa kue bakiak sebelum diinovasi adalah kue bakiak dengan rasa original dan setelah diinovasi dengan rasa kelingar atau kayu manis, dan rasa keju. Keputusan ini diambil agar produsen tidak merasa berada pada satu varian rasa saja serta konsumen juga akan dimanjakan oleh berbagai rasa baru yang telah tersedia. Inovasi ukuran dilakukan untuk memudahkan rasa penasaran konsumen terhadap keanekaragaman rasa kue bakiak yang baru dengan harga yang lebih murah, kue bakiak rasa baru dengan rasa keju dibuat dengan ukuran berat 2 ons dengan harga 7.000 Rupiah disamping kue bakiak rasa keju dengan ukuran 3 ons dengan harga 10.000 Rupiah. Inovasi kemasan dilakukan dengan mengganti bungkus mika menjadi kemasan dengan menggunakan plastik yang bagian atasnya diikat dengan menggunakan tali pita. Perubahan inovasi kemasan juga dilakukan pada saat berdasarkan kepentingan pesanan konsumen untuk acara-acara tertentu seperti acara pernikahan, rapat, seminar, dan lain-lain.
Inovasi yang dilakukan oleh perusahaan Anisa berdampak positif pada penjualan produk kue bakiak yang diproduksinya, hal ini terbukti dari volume penjualan kue bakiak yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.