EVENT MARKETING SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN BRAND AWARENESS KABUPATEN JEMBER
Abstract
Jember memiliki sebuah event yang telah terbukti mampu mendatangkan banyak wisatawan dalam negeri maupun mancanegara ke Jember. Kegiatan itu disebut BBJ (Bulan Berkunjung ke Jember). Tahun 2012 merupakan tahun ketiga pelaksanaan event resmi milik Pemerintah Kabupaten Jember ini. BBJ sendiri dikemas dalam berbagai kegiatan mulai dari seni, olah raga, kuliner, wisata, religi bahkan kegiatan yang memecahkan Rekor Museum Republik Indonesia (MURI). Agenda BBJ berlangsung sekitar bulan Agustus setiap tahunnya. Setelah penulis melakukan observasi langsung dan temuan-temuan di media elektronik, bahwa fenomenanya tidak semua kegiatan BBJ 2012 familiar di telinga atau di benak masyarakat, sehingga penulis menentukan beberapa kegiatan yang familiar dikenal masyarakat. Hal ini dilakukan agar responden nantinya dapat mengenali semua jenis event yang yang dipilih yang disajikan dalam kuesioner.