ANALISIS PENGARUH BIAYA PERIKLANAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERBADAP NILII PENJUALAN PADA CV. MAJU MAKMUR DISIDOARJO
Abstract
CV. Maju Makmur adalah perusahaan yang memproduksi berbagai produk yang terbuat dari kulit.perusahaan ini didirikan oleh H.Mochammad Ali pada tahun 1980. Pada mulanya MC'ju Makmur merupakan industri tradisional kecil , yaitu sebagai pengepul kulit hewan.namun karena kerja kerasnya usaha ini berkembang pesat dan memiliki beberapa showroom di kawasan industri tas Tanggulangin dan di berbagai kota lainnya.Persaingan dengan perusahaan sejenis dan peningkatan prosentase penjualan yang cenderung mengalami penurunan merupakan pokok permasalahan yang dihadapi oleh Maju Makmur.Untuk mengatasi masalah tersebut maka Maju Makmur berusaha meningkatkan penjualan melalui peningkatan kegiatan promosi yaitu melalui media periklanan dan promosi penjualan.Oleh karena itu penetitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh biaya periklanan dan promosi penjualan terhadap nilai penjualan.
Penelitian pada Maju Makmur ini adalah merupakan penelitian deskriptif yang dimaksudkan untuk mendapatkan suatu wawasan yang mendalam mengenai suatu obyek penelitian sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih jelas sebagai dasar petaksanaan dalam pengambilan keputusan .Dalam penulisan ini psnufls menggunakan metode kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data regresi linear berganda menghasilkan persamaan Y = - 266.965,443 + 3.539,9452 X1 + 4.373,3256 X2 .Nilai konstanta a sebesar -266.965,443 menunjukkan pengaruh apablla tidak dilakukan kegiatan periklanan dan promosi penjualan rnaka terjadi penurunan nilai penjualan sebesar Rp
266.965,443.besar pengaruh periklanan dan promosi penjualan secara simultan adalah nyata sebesar 97,47 % ditunjukkar. oleh hasil uji - F sebesar 38,538 > F1abe1 yaitu 19,0 sedangkan 2,53 % disebabkan oleh faktor lain. Pengaruh masing - masing jenis kegiatan berdasarkan hsil uji - t rnenunjukkan bahwa kegiatan periklanan mempunyai pengaruh nyata terhadap nilai penjualan karena angka t hitung (3,565) > t tabel (2,920) dan besar pengaruhnya 56,48 %. Kegiatan promosi penjualan berpengaruh nyata terhadap nilai penjualan yang ditunjukkan t hitung (4, 775) > t label (2,920) dan besar pengaruhnya sebesar 68,77 %.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian yaitu adanya pengaruh yang positif dari kedua bentuk promosi terhadap nilai penjualan dan kegiatan promosi penjualan paling dominan pengaruhnya terhadap nilai penjualan