MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS IV SDN LANGKAP 01 BANGSALSARI
Abstract
Rancangan penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan dilakukan kolaboratif antara
peneliti dan guru. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data
yang dianalisis secara kualitatif adalah data yang diperoleh dari hasil observasi dan
wawancara. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes berupa nilai siswa
kelas IV SDN Langkap 01 Bangsalsari.
Kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan
media gambar berseri siswa kelas IV SDN Langakap 01 mengalami peningkatan.
Sebelum menggunakan media gambar berseri (prasiklus) hanya terdapat 7 siswa yang
mencapai nilai ≥ 62. Setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media gambar
berseri , pada siklus I terdapat 14 siswa yang mendapatkan nilai ≥ 62. Pada siklus II
yang merupakan perbaikan dari siklus I, yang mendapat nilai ≥ 62 sebayak 21 siswa.
Jadi, sebanyak 21 siswa atau 75% dari total 28 siswa kelas IV SDN Langkap 01
sudah mencapai ketuntasan nilai secara klasikal (≥70% dari jumlah siswa).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) penerapan penggunaan media
gambar berseri dalam menulis karangan narasi dipandang efektif untuk meningkatkan
kemampuan siswa kelas IV SDN Langkap 01 Bangsalsari, 2) kemampuan siswa kelas
IV SDN Langkap 01 Bangsalsari dalam menulis karangan narasi meningkat.