Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e disertai Kartu Link and Match untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi (Pokok Bahasan Ekologi Siswa Kelas X3 SMAN Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2014/2015)
Abstract
Pendidikan memegang peranan penting bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia. Berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan di sekolah bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami siswa. Biologi sebagai salah satu bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan kerjasama yang baik antara guru dan siswa. Siswa harus memiliki keaktifan tinggi dalam proses belajar mengajar, sedangkan guru harus mampu mengadakan pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa. Hasil observasi awal yang dilakukan di SMAN Rambipuji Jember melalui wawancara dengan guru biologi kelas X3 menunjukkan bahwa dalam pembelajaran biologi masih sering mengalami kendala dalam proses belajar mengajar. Dari beberapa data yang diperoleh berdasarkan hasil observasi prasiklus menunjukan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X3 masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 5E disertai kartu link and match pada pelajaran biologi siswa kelas X3 SMAN Rambipuji Jember tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Rambipuji Jember pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, bulan Maret-April 2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas X3 dengan jumlah siswa 32 orang, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan sebanyak 3 JP dan dilanjutkan tes hasil belajar diakhir tiap siklus. Desain penelitian mengacu pada model Hopkins yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan Aktivitas belajar siswa meliputi aktivitas memperhatikan penjelasan guru, bertanya, menjawab pertanyaan, diskusi, dan presentasi yang diukur dengan menggunakan lembar penilaian aktivtas belajar siswa disertai rubrik selama proses pembelajaran berlangsung. Adapun hasil belajar kognitif siswa diukur menggunakan tes hasil belajar di akhir setiap siklus. Hasil belajar ranah afektif diukur dengan menggunakan lembar penilaian afektif siswa disertai rubrik selama proses pembelajaran berlangsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar Biologi siswa kelas X3 SMAN Rambipuji Jember dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 5E disertai kartu link and match pada pokok bahasan ekologi. Rata- rata aktivitas belajar siswa prasiklus sebesar 41,65 ± 11,73, siklus I sebesar 78,13 ± 14,59 dan siklus II sebesar 87,50 ± 11,94. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari prasiklus ke siklus I sebesar 62,50%, sedangkan peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 31,25%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Biologi siswa kelas X3 SMAN Rambipuji Jember dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 5E disertai kartu link and match pada pokok bahasan ekologi. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif prasiklus sebesar 3,13%, meningkat menjadi 75% pada siklus I, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siklus II meningkat menjadi 81,25%. Rata-rata kelas hasil belajar afektif siklus I sebesar 78,65 ± 15,87 meningkat menjadi 783,34 ± 14,99 pada siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran learning cycle 5E disertai kartu link and match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X3 SMAN Rambipuji Jember pada pokok bahasan ekologi tahun pelajaran 2014/2015.