PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN BUNYI MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN SUMBERPAKEM 01 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Pokok
Bahasan Energi Panas dan Bunyi Melalui Penerapan Metode Eksperimen di
Kelas IV SD Negeri Sumberpakem 01 Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015;
Arif Wicaksono; 110210204096; 2015; 55 Halaman; Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember.
Banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar
siswa khususnya pada pembelajaran IPA, salah satunya adalah penerapan metode
pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri Sumberpakem 01
Bondowoso, diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada Pokok
Bahasan Energi Panas dan Bunyi, guru menyampaikan materi dan menulis di papan
tulis tentang Energi Panas dan Energi Bunyi tanpa menerapkan metode eksperimen.
Hal ini menyebabkan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran sehingga
siswa menjadi pasif serta pemahaman siswa terhadap konsep IPA juga kurang
optimal. Masalah tersebut dapat diatasi yaitu dengan menerapkan metode eksperimen
pada pembelajaran IPA. Metode eksperimen dapat membuat siswa terlibat aktif
dalam pembelajaran karena siswa diberi kesempatan untuk mengalami sendiri serta
memperoleh pengetahuannya secara langsung melalui kegiatan percobaan sehingga
siswa lebih mudah dalam memahami konsep dari materi yang dipelajari. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil
belajar siswa pada pembelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi melalui
penerapan metode eksperimen pada siswa kelas IV di SD Negeri Sumberpakem 01
Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015”. Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pokok bahasan energi panas dan bunyi
dengan metode eksperimen pada siswa kelas IV SDN Sumberpakem 01 Bondowoso.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberpakem 01 Bondowoso sejak
tanggal 8 Januari 2015 sampai 30 Mei 2015 dengan subjek penelitian seluruh siswa
ix
kelas IV yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 17 siswa
perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara,
studi dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus
ada dua pertemuan dengan menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA.
Pelaksanaan penerapan metode eksperimen dalam Pembelajaran IPA Pokok
Bahasan Energi Panas Dan Bunyi Melalui Penerapan Metode Eksperimen di Kelas IV
SD Negeri Sumberpakem 01 Bondowoso berjalan sesuai dengan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPA
dengan menerapkan metode eksperimen mengalami peningkatan. Persentase aktivitas
siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 74,19% dengan kategori aktif. Pada siklus
II persentase rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 80,22% dengan kategori tinggi,
mengalami peningkatan sebesar 6,02% dari siklus I. Hasil belajar siswa selama
pembelajaran IPA melalui penerapan metode eksperimen juga mengalami
peningkatan. Persentase hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 71,13
dengan kategori baik. Pada siklus II skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74,81
dengan kategori baik, mengalami peningkatan sebesar 3,68 dari nilai siklus I.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA di kelas IV Pokok Bahasan Energi
Panas dan Bunyi di SDN Sumberpakem 01 Bondowoso. Saran dari penelitian ini
adalah diharapkan guru menerapkan metode eksperimen pada pembelajaran IPA tema
benda-benda di lingkungan sekitar agar aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat.