dc.description.abstract | Meningkatkan Kemampuan Membuat Pantun Melalui Permainan Kartu
Pantun Pada Siswa Kelas IV SDN Jember Lor 06; Angga Dessy Purwanto,
100210204001; 2015; 69 Halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeritas Jember.
Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan
siswa dalam berkomunikasi dengan baik dan benar, disamping itu pembelajaran
sastra diarahkan agar siswa dapat mengungkapkan gagasan, pendapat, dan
pengetahuan secara tertulis dan memiliki kegemaran menulis. Dengan menulis,
penulis dapat menyampaikan pikiran, perasaan, atau pesan melalui tulisan dengan
menggunakan kalimat atau pilihan kata yang tepat dan salah satunya dapat diterapkan
dalam pembelajaran pantun. Seperti tampak pada pada Kompetensi Dasar 1.4
(membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema sesuai dengan cir-cir
pantun).
Berdasarkan observasi, rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia khususnya membuat pantun pada kelas IV SDN Jember Lor 06 Jember
disebabkan oleh beberapa faktor yaitu siswa mengalami kesulitan untuk menulis apa
yang mereka pikirkan karena kurang adanya media pembelajaran, siswa kesulitan
dalam memilih kata untuk dijadikan kalimat yang padu dalam membuat pantun.
Untuk mengatasi masalah tersebut maka dipilih alternatif pembelajaran permainan
kartu pantun untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat pantun.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah penerapan
permainan kartu pantun dalam pembelajaran membuat pantun yang dapat
meningkatkan kemampuan membuat pantun pada siswa kelas IV Semester II SDN
Jember Lor 06 Jember ?; (b) Bagaimanakah peningkatan kemampuan membuat
pantun melalui permainan kartu pantun pada siswa kelas IV Semester II SDN Jember
Lor 06 Jember ?.
x
Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk: (a)
mendeskripsikan penerapan permainan kartu pantun dalam pembelajaran membuat
pantun yang dapat meningkatkan kemampuan pada siswa kelas IV Semester II SDN
Jember Lor 06 Jember; (b) meningkatkan kemampuan membuat pantun melalui
permainan kartu pantun pada siswa kelas IV Semester II SDN JemberLor 06 Jember.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jember Lor 06 Patrang-
Jember tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi,
tes, wawancara, dan dokumentasi.
Setelah dilakukan tindakan hasilnya adalah penerapan permainan kartu pantun
dalam pembelajaran membuat pantun dapat meningkatkan kemampuan membuat
pantun siswa kelas IV Semester II di SDN Jember Lor 06 Jember, siswa antusias
dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan dan hasilnya sesuai dengan kriteria
ketuntasan. Kemampuan membuat pantun melalui permainan kartu pantun pada siswa
kelas IV Semester II di SDN Jember Lor 06 Jember mengalami peningkatan. Pada
tahap prasiklus nilai rata-rata siswa yang tuntas adalah 35% siswa, sedangkan sisanya
65% siswa tidak tuntas. Pada siklus I kemampuan membuat pantun siswa mengalami
peningkatan yaitu 75% siswa tuntas sedangkan sisanya 25% siswa tidak tuntas. Pada
siklus II juga mengalami peningkatan yaitu 89% siswa yang tuntas sedangkan sisanya
11% siswa tidak tuntas. Atas dasar itu, maka dapat disimpulkan bahwa, kemampuan
membuat pantun siswa melalui permainan kartu pantun siswa kelas kelas IV SDN
Jember Lor 06 Jember mengalami peningkatan dari prasiklus sampai siklus II.
Saran yang dapat diberikan yaitu: (a) bagi guru kelas IV di SDN Jember lor 06
Jember, saat kegiatan pembelajaran lebih membimbing siswa pada pelaksanaan
pembelajaran agar siswa serius dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan
media pembelajaran yang digunakan dan tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat
tercapai;dan (b) bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini
untuk menemukan sesuatu yang baru dan dapat bermanfaat bagi banyak orang. | en_US |