Show simple item record

dc.contributor.advisorSuhartiningsih
dc.contributor.advisorYuliati, Nanik
dc.contributor.authorPURWANTO, ANGGA DESSY
dc.date.accessioned2015-12-03T08:28:40Z
dc.date.available2015-12-03T08:28:40Z
dc.date.issued2015-12-03
dc.identifier.nim100210204001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66250
dc.description.abstractMeningkatkan Kemampuan Membuat Pantun Melalui Permainan Kartu Pantun Pada Siswa Kelas IV SDN Jember Lor 06; Angga Dessy Purwanto, 100210204001; 2015; 69 Halaman; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeritas Jember. Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan baik dan benar, disamping itu pembelajaran sastra diarahkan agar siswa dapat mengungkapkan gagasan, pendapat, dan pengetahuan secara tertulis dan memiliki kegemaran menulis. Dengan menulis, penulis dapat menyampaikan pikiran, perasaan, atau pesan melalui tulisan dengan menggunakan kalimat atau pilihan kata yang tepat dan salah satunya dapat diterapkan dalam pembelajaran pantun. Seperti tampak pada pada Kompetensi Dasar 1.4 (membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema sesuai dengan cir-cir pantun). Berdasarkan observasi, rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya membuat pantun pada kelas IV SDN Jember Lor 06 Jember disebabkan oleh beberapa faktor yaitu siswa mengalami kesulitan untuk menulis apa yang mereka pikirkan karena kurang adanya media pembelajaran, siswa kesulitan dalam memilih kata untuk dijadikan kalimat yang padu dalam membuat pantun. Untuk mengatasi masalah tersebut maka dipilih alternatif pembelajaran permainan kartu pantun untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat pantun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah penerapan permainan kartu pantun dalam pembelajaran membuat pantun yang dapat meningkatkan kemampuan membuat pantun pada siswa kelas IV Semester II SDN Jember Lor 06 Jember ?; (b) Bagaimanakah peningkatan kemampuan membuat pantun melalui permainan kartu pantun pada siswa kelas IV Semester II SDN Jember Lor 06 Jember ?. x Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk: (a) mendeskripsikan penerapan permainan kartu pantun dalam pembelajaran membuat pantun yang dapat meningkatkan kemampuan pada siswa kelas IV Semester II SDN Jember Lor 06 Jember; (b) meningkatkan kemampuan membuat pantun melalui permainan kartu pantun pada siswa kelas IV Semester II SDN JemberLor 06 Jember. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jember Lor 06 Patrang- Jember tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Setelah dilakukan tindakan hasilnya adalah penerapan permainan kartu pantun dalam pembelajaran membuat pantun dapat meningkatkan kemampuan membuat pantun siswa kelas IV Semester II di SDN Jember Lor 06 Jember, siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan dan hasilnya sesuai dengan kriteria ketuntasan. Kemampuan membuat pantun melalui permainan kartu pantun pada siswa kelas IV Semester II di SDN Jember Lor 06 Jember mengalami peningkatan. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata siswa yang tuntas adalah 35% siswa, sedangkan sisanya 65% siswa tidak tuntas. Pada siklus I kemampuan membuat pantun siswa mengalami peningkatan yaitu 75% siswa tuntas sedangkan sisanya 25% siswa tidak tuntas. Pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu 89% siswa yang tuntas sedangkan sisanya 11% siswa tidak tuntas. Atas dasar itu, maka dapat disimpulkan bahwa, kemampuan membuat pantun siswa melalui permainan kartu pantun siswa kelas kelas IV SDN Jember Lor 06 Jember mengalami peningkatan dari prasiklus sampai siklus II. Saran yang dapat diberikan yaitu: (a) bagi guru kelas IV di SDN Jember lor 06 Jember, saat kegiatan pembelajaran lebih membimbing siswa pada pelaksanaan pembelajaran agar siswa serius dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang digunakan dan tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai;dan (b) bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan dapat bermanfaat bagi banyak orang.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPANTUNen_US
dc.subjectPERMAINAN KARTUen_US
dc.titleMENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT PANTUN MELALUI PERMAINAN KARTU PANTUN PADA SISWA KELAS IV SDN JEMBER LOR 06 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record