PENERAPAN NILAI – NILAI MORAL AGAMA DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK USIA DINI DI PAUD AL HIKMAH DESA CURAH JERU KECAMATAN PANJI KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2015
Abstract
Penerapan Nilai – Nilai Moral Agama Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Usia Dini Di Paud Al Hikmah Desa Curah Jeru Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo Tahun 2015; Ulfatun Najah; 080210201043; 2015; 73 Halaman; Program Studi Pendidikan Luar Sekolah; Jurusan Ilmu Pendidikan; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Universitas Jember.
Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan di PAUD Al Hikmah Desa Curah Jeru Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo diperoleh informasi bahwa sebagian besar anak yang bersekolah di PAUD masih belum nampak gaya kepribadiannya, dimana perlu dibentuk melalui adanya pembiasaan dengan mangajak anak untuk meniru hal-hal yang dicontohkan yang berkaitan dengan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan nilai moral agama sudah diterapkan namun terlalu membosankan berakibat pada, tidak adanya motivasi dan minat anak untuk belajar melalui kegiatan meniru yang sudah dicontohkan. Kualitas guru yang ada, masih perlu diberikan pelatihan terkait pendidikan anak karena masih minimnya pengetahuan tentang cara mendidik anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimakah penerapan nilai – nilai moral agama dalam pembentukan kepribadian anak usia dini di PAUD Al Hikmah Desa Curah Jeru Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo?” Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah “Untuk mengetahui penerapan nilai - nilai moral dalam pembentukan kepribaddian anak usia dini di PAUD Al Hikmah Desa Curah Jeru Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo”. Manfaat penelitian ini yaitu untuk memaparkan hasil penelitian yang akan dicapai baik untuk kepentingan pribadi, institusi, maupun masyarakat.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kemudian penentuan daerah penelitiannya menggunakan teknik purposive area dengan jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 19 anak yang diambil dengan teknik populasi. Penelitian ini dilakukan di PAUD Al Hikmah Desa Curah Jeru Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo. Metode
3
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan analisis datanya melalui 3 tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil berupa penerapan nilai moral agama dalam pembentukan kepribadian anak di PAUD Al Hikmah dilakukan melalui pembiasaka untuk menirukan kegiatan keagamaan sederhana yang dilakukan melalui menghafal asmaul husna yang melipu 20 jenis yaitu: Ar-Rahman, Ar-Rahim, Al-Malik, Al-Quddus, As-Salam, Al-Mu'min, Al-Muhaymin, Al-'Aziz, Al-Jabbr, Al-Mutakabbir. Al-Khaliq, Al-Bari', Al-Musawwir, Al-Ghaffar, Al-Qahhar, Al-Wahhab, Ar-Razzaq, Al-Fattah, Al-'Alim, Al-Qabid, menghafal surat pendek yang meliputi surat al ikhlas, an-nas, dan al falaq, melatih anak untuk sholat dengan menghafal langkah dan bacaan ketika solah, serta membisakan anak berlatih puasa setengan hari, juga membiasakan anak dapat meneladani kisah nabi yang dapat diterapkan dalam kehidupa sehari-hari. Kemudian anak juga dilatih untuk dapat membedakan sikap yang baik dan buruk melalui pemberian cerita tentang kisah nabi, dimana anak harus menaladani kisah tersebut dan menerpkannya dalam kehidupan sehari-hari. Melalui penerapan nilai moral agama nantinya dapat terbentuk gaya kepribadian anak yang meliputi kepribadian berprestasi, sabar dan mempengaruhi.
Beberapa saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini yaitu: Kepala sekolah hendaknya selalu memperhatikan tentang penerapan nilai moral agama dalam pendidikan anak usia dini karena dapat dijadikan pedoman untuk menempuh pendidikan pada tingkat yang lebih tinggi dan dalam kehidupan sehari-harinya. Selain itu juga perlu dipertimbangkan instrumen untuk mendeteksi gaya kepribadian pada anak yang berpengaruh pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Guru diharapkan dapat untuk selalu menanamkan nilai moral agama pada anak usia dini dengan maksimal, karena hal tersebut penting bagi kehidupan anak di masa yang akan datang. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian lebih lanjut terkait penerapan nilai moral agama dan gaya kepribadianpada pada anak.