dc.description.abstract | CV DUA SINGA adalah perusahaan yang bergera dibidan manufaktur yang
menghasilkan produk jamu. Produk jamu ini menggunakan bahan baku alami
sehingga aman untuk dikonsumsi. Pada era globalisasi sekarang ini, banyak
perusahaan yang mengalami ketatnya persaingan di dunia bisnis. Perusahaan harus
memiliki strategi-strategi yang unggul untuk menghadapi persaingan yang ada.
Perusahaan dianggap sukses apabila produk yang dihasilkan memiiki kualitas yang
baik. Kualitas produk yang baik akan menarik para pelanggan untuk
mengkonsumsinya. Kualitas produk yang baik akan diperoleh perusahaan melalui
penggunaan bahan baku yang baik, proses pembuatan yang lancar tanpa kendala,
serta karyawan yang memiliki kinerja unggul dalam pengerjaan produk. Strategi
unggul yang digunakan pada CV DUA SINGA untuk meningkatkat kualitas produk
yaitu Total Quality Management (TQM). TQM disini terdiri dari fokus terhadap
pelanggan, perbaikan sistem secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan
serta keterlibatan dan pemberdayaan karyawan.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah Total Quality Management
berpengaruh terhadap kualitas produk pada CV DUA SINGA. Metode pengambilan
sampel yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh artinya teknik penentuan
sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh karyawan CV DUA SINGA dengan jumlah sampel
yang ditetapkan 38 responden. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier
berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Total Quality Management berpengaruh
signifikan terhadap kualitas produk pada CV DUA SINGA baik secara parsial
maupun simultan. | en_US |