PENGARUH VARIABEL ENDORSER SEBAGAI MODEL IKLAN TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK INDOMIE MELALUI BRAND IMAGE PADA PEMIRSA TELEVISI DI WILAYAH PERKOTAAN JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Variabel Endorser Sebagai Model Iklan
Terhadap Minat Pembelian Produk Indomie melalui Brand Image Pada Pemirsa
Televisi di Wilayah Perkotaan Jember”. Penggunaan selebriti sebagai pendukung
suatu produk memiliki daya tarik tersendiri. Seorang selebriti harus mampu
memberikan citra dan ciri khas kepada produk yang diiklankannya karena setiap
produk yang diiklankan oleh seorang selebriti memberikan dampak yang besar
baik kepada konsumen maupun perusahaan produk tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel endorser sebagai
model iklan produk Indomie terhadap minat pembelian produk Indomie melalui
brand image sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah
pemirsa televisi yang berada diwilayah perkotaan Jember yang terdiri dari 3
kecamatan yakni Sumbersari, Patrang dan Kaliwates . Teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik nonprobability sampling Metode sampling yang
digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 130
orang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 5 variabel .
Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analysis). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa : 1) Keahlian, kepercayaan dan daya tarik
berpengaruh signifikan terhadap brand image produk Indomie pada pemirsa
televisi di Jember; 2) Keahlian, kepercayaan dan daya tarik berpengaruh
signifikan terhadap minat pembelian produk Indomie pada pemirsa televisi di
Jember dan; 3) Brand image berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian
produk Indomie pada pemirsa televisi di Jember kepercayaan dan daya tarik.