PENERAPAN BAHASA INGGRIS DALAM PEMASARAN PAKET WISATA PADA CV. WIRADASA ABADI TOUR JEMBER
Abstract
Mahasiswa Program Diploma III Bahasa Inggris Fakultas Sastra
Universitas Jember dituntut menjadi lulusan yang berkualitas dan siap bersaing
dalam dunia kerja, oleh karena itu melalui program Praktek Kerja Nyata yang
dilaksanakan pada instansi pemerintah maupun swasta ini diharapkan mampu
menjadi wadah awal untuk penerapan teori-teori yang didapat selama kuliah.
Biro perjalanan wisata merupakan suatu perusahaan swasta yang
menawarkan jasa dan bergerak dibidang pariwisata. Salah satu hal pokok yang
menunjang kelangsungan perusahaan adalah pemasaran. Pemasaran merupakan
salah satu komponen penting dalam peningkatan mutu usaha perjalan wisata,
keberhasilan ataupun kegagalan suatu perusahaan dalam pecapaian tujuan
bisnisnya tergantung pada kemampuan untuk mengkombinasikan fungsi-fungsi
tersebut.
Kemampuan berbahasa asing khususnya Bahasa Inggris, sangat diperlukan
untuk menunjang kegiatan pemasaran, karena didalam kegiatan ini banyak sekali
terdapat Bahasa inggris dalam penyampaiannya. Bahasa memang mempunyai
peranan penting dalam penyampaian informasi sebagai alat komunikasi. Dengan
bahasa yang baik dan benar maka informasi yang disampaikan juga akan dapat
dengan mudah dimengerti oleh pendengar.
Berdasarkan uraian diatas penulis memandang bahwa Bahasa Inggris
memberikan kontribusi yang sangat besar pada kegiatan pemasaran di CV.
Wiradasa Abadi Tour and Travel Jember. Untuk itu dalam penulisan laporan ini
penulis memilih judul “penerapan bahasa inggris dalam pemasaran paket
wisata pada CV. Wiradasa Abadi Tour and Travel Jember”.