dc.description.abstract | Pariwisata merupakan salah satu kegiatan yang disenangi oleh masyarakat.
Kegiatan pariwisata tidak hanya bisa dinikmati oleh masyarakat di kalangan elit,
namun masyarakat dengan berbagai kalangan pun dapat melakukan kegiatan
pariwisata. Berkembangnya laju pertumbuhan kunjungan wisatawan terhadap objekobjek
wisata menyebabkan bertambahnya pula permintaan atas fasilitas yang ingin
diterima oleh pengunjung. Fasilitas-fasilitas tersebut dapat berupa layanan
akomodasi, moda transportasi, panorama alam, atraksi budaya, paket wisata, dan lainlain.
Meningkatnya orang-orang melakukan perjalanan wisata tersebut menuntut pula
peningkatan pelayanan Biro Perjalanan Wisata dan Agen Perjalanan Wisata. Bukan
hanya orang yang ingin berwisata saja, saat ini banyak orang lebih memilih
menggunakan jasa travel untuk bepergian keluar kota dalam urusan pekerjaan
maupun lainnya karena mereka beranggapan jika menggunakan jasa travel tidak perlu
rumit-rumit untuk mengurus tiket dan lain-lainnya. Masyarakat saat ini menginginkan
hal yang praktis meskipun mengeluarkan biaya sedikit lebih banyak untuk
menggunakan jasa tersebut. Sehingga pelayanan yang baik pada biro perjalanan
menjadi pengaruh yang besar terhadap kepuasan pelanggan. Pelayanan yang baik
tersebut dapat dilaksanakan apabila ada pengendalian pada proses operasi di biro
perjalanan wisata.
Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui dan mendeskripsikan
pengendalian proses operasi pada CV. Luna Tour and Organizer. Penelitian yang
dilakukan oleh peneliti menggunakan tipe penelitian kualitatif. Penentuan lokasi
penelitian ditentukan dengan beberapa kriteria yang pada akhirnya ditentukan oleh
ix
peneliti yaitu CV. Luna Tour and Organizer. Penentuan informan dalam penelitian
yang dilakukan oleh peneliti dengan purposive. Peneliti memilih informan-informan
yang berkompeten, menguasai dan masih berkecimpung atas bidang yang akan
diteliti pada perusahaan. Tahap pengumpulan data primer dalam penelitian ini yaitu
observasi, wawancara, triangulasi, dan pengumpulan data sekunder dengan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis domain dan taksonomi.
Tahap penarikan kesimpulan dilakukan dengan menggunakan metode induktif.
Hasil dari penelitian dengan judul “Pengendalian Proses Operasi Pada CV. Luna
Tour And Organizer” dapat ditarik beberapa hal penting yaitu pertama, alur proses
produksi meliputi tahap masukan, transformasi, dan keluaran. Proses produksi pada
tahap masukan meliputi kegiatan dealing marketing. Proses produksi pada tahap
transformasi meliputi persiapan tour, pelaksanaan tour, dan finishing tour. Proses
produksi pada keluaran meliputi evaluasi tour. Kedua, CV. Luna Tour and Organizer
yang menjadi obyek penelitian telah melaksanakan pengendalian proses operasi pada
tiap tahap yaitu tahap masukan, tahap transformasi, dan tahap keluaran. Ketiga,
dengan adanya pengendalian proses operasi pada tahap dealing marketing,
perusahaan mampu melakukan perencanaan tour secara baik dan
mengimplementasikan pada tahap pelaksanaan tour sesuai dengan yang dijanjikan
kepada pengguna jasa pada saat dealing. Keempat, dengan adanya pengendalian
proses operasi pada tahap pelaksanaan tour, CV. Luna Tour and Organizer dapat
melayani pengguna jasa secara optimal sesuai dengan moto yaitu full of joy and fun.
Kelima, evaluasi tour yang dilakukan perusahaan memiliki efek sebagai perbaikan
yang kemudian di implementasikan pada kegiatan tour selanjutnya. | en_US |